Safitri, Ade Laila (2024) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (tgt) untuk meningkatkan hasil belajar ipa siswa kelas V SDN 100108 Desa Sisundung Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
Bagi ADE LAILA SAFITRI PDF - Ade laila Safitri lubis.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, siswa tidak memiliki keberanian untuk bertanya apa yang tidak diketahuinya sehingga perlu digunakan perubahan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 100108 Desa Sisundung Kabupaten Tapanuli Selatan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA disebabkan karena kurangnya model pembelajaran yang bervariasi, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan untuk memperbaiki keadaan suatu objek, dimana pada penelitian ini yang menjadi objek adalah siswa kelas V SDN 100108 Desa Sisundung Kabupaten Tapanuli Selatan yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus pada setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti memberikan tes untuk melihat peningkatan yang diperoleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) meningkat. Hasil belajar pada siklus I Pertemuan 1 diperoleh nilai rata-rata 58,26 dengan persentase ketuntasan 30,43%. Pada siklus I pertemuan II nilai rata-rata 64,78 dengan persentase ketuntasan 39,13%. Selanjutnya hasil belajar pada siklus II Pertemuan I diperoleh nilai rata-rata siswa 77,82 dengan persentase 60,86% dan hasil belajar pada siklus II pertemuan II meningkat lagi dengan nilai rata-rata 87,82 dengan persentase ketuntasan 78,26%. Dengan peningkatan yang diperoleh, maka siklus dihentikan sampai siklus II. Jadi dapat dilihat bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada materi perubahan wujud dan sifat benda di kelas V SDN 100108 Desa Sisundung Kabupaten Tapanuli Selatan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Syafrilianto, M.Pd dan Rahma Hayati Siregar S.Pd.,M.Pd |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 08:08 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 08:08 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11225 |
Actions (login required)
View Item |