Siregar, Karmila Hipa Dewi (2024) Penggunaan media loose parts untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok b (usia 5-6 tahun) di TK IT Nurul Fikri Paran Padang Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920600033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yaitu terdapat motorik halus anak belum berkembang dengan baik. Peneliti melihat bahwa perkembangan motorik halus anak belum berkembang dengan baik, dapat dilihat dari beberapa kegiatan seperti menggambar, mewarnai, dan menempel. Pada kegiatan menggambar dan mewarnai terlihat anak masih kaku menggerakkan jari jemarinya dan memegang pensil, anak juga masih bingung bagaimana cara menggambar dan mewarnai dilihat dari hasil menggambar dan mewarnai anak terlihat coretan-coretan. Hasil menggambar dan mewarnai anak masih kurang rapi. Kemudian pada kegiatan menempel, anak juga belum bisa menempel gambar sesuai dengan yang dicontohkan oleh guru, dan anak juga menggunakan lem sangat tebal, serta banyak anak-anak yang masih kurang mahir menggunakan jari mereka dalam menyelesaikan kegiatannya sehingga mereka cenderung meminta bantuan kepada guru. Sejauh ini guru juga lebih sering mengembangkan motorik halus anak dengan kegiatan menggambar, mewarnai, menempel, menulis, dan melipat kertas. Kegiatan motorik halus juga cenderung dilakukan diatas kertas saja dan belum bervariasi pada kegiatan pembelajaran, media yang digunakan kurang menarik sehingga anak mudah merasa bosan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penggunaan media loose parts dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B (Usia 5-6 Tahun) di TK IT Nurul Fikri Paran Padang Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Adapaun tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui penggunaan media loose parts dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B (Usia 5-6 Tahun) di TK IT Nurul Fikri Paran Padang Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Metodolog penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan apa adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini motorik halus anak sudah berkembang sesuai dengan harapan terlihat dari hasil lembar kerja anak dan hasil kegiatan pembelajaran anak menggunakan media loose parts, maka dapat disimpulakan bahwa indikator perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun yaitu menggambar sesuai dengan gagasannya, meniru bentuk, melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan, menggunakan alat tulis dan alat makan dengan benar, menggunting sesuai dengan pola, menempel gambar dengan tepat, dan mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara rinci, 12 dari 13 anak sudah berkembang sesuai dengan harapan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erna Ikawati, M.Pd. dan Rahmadani Tanjung, M.Pd |
Keywords: | Media Loose parts; Motorik Halus; Anak Kelompok B |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1702 Cognitive Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 02:53 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 03:53 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11224 |
Actions (login required)
View Item |