Lubis, Rini Annisyah (2024) Dinamika kegiatan ekstrakurikuler dalam pengembangan bakat di TK Al-Ikhlas Aek Badak Julu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920600032.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Dinamika memiliki arti adanya interaksi dan interdependensi antara anggota kelompok dengan kelompok secara keseluruhan. Menghadapi dinamika perkembangan anak, TK Al-Ikhlas Aek Badak Julu memiliki peran strategis sebagai fondasi untuk membentuk kualitas sumber daya manusia, salah satunya menekanan pada pengembangan bakat anak usia dini harus semakin dipandang penting untuk menunjang hal tersebut. Kegiatan ekstrakurikuler di TK Al-Ikhlas Aek Badak Julu muncul sebagai sarana penting dalam memberikan rangsangan tambahan dalam menungkatkan potensi anak secara menyeluruh. Kegiatan Ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah/madrasah. Sehingga dari hal tersebut memunculkan inisiatif bagi peneliti melakukan riset lebih dalam untuk mengetahui upaya guru pendidikan islam dalam membina siswa-siswi di TK Al-Ikhlas Aek Badak Julu kecamatan sayurmatinggi. Dengan mengangkat judul “Dinamika Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Pengembangan Bakat di TK Al-Ikhlas Aek Badak Julu ”. Tujuan dari penelitian ini yaitu: Untuk mengenal kegiatan ekstrakurikuler pada anak dan dapat dijadikan masukan untuk penelitian selanjutnya yang sejenis serta memperkaya referensi dan khazanah ilmu pengetahuan tanpa mengurangi kebenaran dan faedah dari ilmu tersebut. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan (field research). Bentuk penelitian kualitatif di sini adalah observasi non partisipan berupa studi kasus, dimana peneliti berkedudukan sebagai pengamat dan meneliti satu kelas saja, untuk mencatat dan mengamati secara langsung bagaimana proses pengenalan kegiatan ekstrakurikuler di TK Al-Ikhlas Aek Badak Julu. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di TK Al-Ikhlas Aek Badak Julu, dapat diambil kesimpulan bahwa bagi siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler cenderung lebih kreatif dan disiplin dibanding siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Kemudian pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dilaksanakan setiap hari rabu mulai dari pagi jam 09-00 sampai dengan 11.00 WIB dan diadakan dua kali seminggu agar mempermudah guru dan siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd. dan Rahmadani Tanjung, M.Pd |
Keywords: | Extracurricular Activities; Alent; Interest; Educators; Student Participation |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 30 Oct 2024 02:35 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 03:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11223 |
Actions (login required)
View Item |