Sarah, Siti (2024) Upaya meningkatkan kemampuan geometris melalui permainan balok cuisenaire pada anak usia 5-6 tahun di TK Kartika 1-49 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920600026.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dikelas 3B di TK Kartika 1-49 Padangsidimpuan, berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di TK Kartika 1-49 Padangsidimpuan ditemukan 10 dari 12 anak belum mengenal bentuk geometri. Diantaranya, anak kesulitan dalam membedakan nama persegi dengan persegi panjang, anak kesulitan membedakan nama segitiga dan lingkaran, anak kesulitan dalam mengenal macam macam bentuk geometri. Contoh ketika guru menggambarkan bentuk geometri persegi, persegi panjang, lingkaran dan segitiga di papan tulis dan guru bertanya coba tunjuk geometri bentuk persegi “panjang” ada 10 anak yang salah menunjuk gambar geometri yang ada di papan tulis, anak keliru pada saat menyebutkan bentuk-bentuk geometri antara persegi dan persegi panjang tesebut. Permasalahan ini dapat dilihat dari kurang minatnya anak terhadap pembelajaran yang berhubungan kemahiran memecahkan suatu masalah yang ada. Anak tidak bersemangat dalam melakukan proses belajar mengajar, sehingga tidak terjadinya umpan balik yang baik sebagai respon yang diterimanya. Berdasarkan fokus masalah diatas yang telah peneliti uraikan, maka rumusan masalah penelitian yaitu apakah kemampuan geometris anak usia 5-6 tahun dapat ditingkatkan melalui permainan balok cuisenaire di TK Kartika 1-49 Padangsidimpuan?. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan geometris anak usia 5-6 tahun melalui media balok cuisenaire di TK Kartika 1-49 Padangsidimpuan. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).. Populasinya adalah seluruh anak yang ada di kelas 3B di TK Kartika 1-49 Padangsidimpuan yang terdiri dari 12. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi yang sudah divalidasi dan lembar kerja anak. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat persentase peningkatan pemahaman anak terhadap bentuk geometri mengalami peningkatan yaitu: kemampuan anak menyebutkan bentuk geometri seperti persegipanjang, segitiga, lingkaran dan persegi meningkat menjadi 80%, kemampuan anak mengelompokkan balok berdasarkan bentuk meningkat 80%, kemampuan anak mengurutkan geometri dari terkecil hingga terbesar meningkat 80%. Kedua indikator menunjukkan kriteria sangat tinggi karena memiliki rata-rata 80%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Syafrilianto, M.Pd dan Sakinah Siregar, M.Pd |
Keywords: | Balok Cuisenaire ; Kemampuan Geometris |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 02:45 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 02:45 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11212 |
Actions (login required)
View Item |