Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru dalam mengembangkan bahasa anak melalui lagu pada anak usia dini di TK Al-Qur’an PKK Kelurahan Tamiang Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal

Lubis, Ade Irma Suriyani (2024) Upaya guru dalam mengembangkan bahasa anak melalui lagu pada anak usia dini di TK Al-Qur’an PKK Kelurahan Tamiang Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920600007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pengembangan bahasa anak usia 4 sampai 5 tahun secara realita. Pada dasarnya anak-anak dilahirkan secara fitrah, dan mempunyai jati diri masing-masing. Bahasa yang dimilikian masih rentan dalam belum jelas. Dengan adanya pengembangan bahasa melalui lagu tentu saja anak-anak di TK AL-QUR’AN PKK Kelurahan Tamiang Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal akan lebih tertarik karena bagian anak adalah hiburan yang sangat menyenangkan untuk dirinya pribadi. Fokus penelitian ini adalah bagaimanaupaya guru dan perkembangan bahasa anak melalui lagu di TK AL-QUR’AN PKK KelurahanTamiang, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiupaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak melalui lagudi TK AL-QUR’AN PKK KelurahanTamiang, Kecamatan Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Pemeriksaan data menggunakan triangulasi. Data di analisis melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Responden dalam penelitian adalah 2 orang guru yaitu guru kelasdan guru pendamping, danpesertadidik TK AL-QUR’AN PKK. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru sudah baik, namun keterampilan berbahasa peserta didik yang meliputi aspek pengucapan, kosakata, dan konsonan huruf masih belum sesuai dengan yang diharapkan.Masih banyak pesertadidik yang tidak dapat mengikuti lagu dalam berbahasa peserta didik masih terbata-bata dan masih banyak pesertadidik yang takut dan kurang percaya diri untuk bernyanyi di depan kelas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lis yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi
Keywords: Anak Usia Dini; Bahasa, Lagu Anak
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Oct 2024 14:47
Last Modified: 31 Oct 2024 08:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11207

Actions (login required)

View Item View Item