Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis cerita pendek menggunakan media gambar untuk Kelas IV SD Negeri 116897 Hapoltakan Nauli Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara

Muliyani, Sri (2024) Upaya meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis cerita pendek menggunakan media gambar untuk Kelas IV SD Negeri 116897 Hapoltakan Nauli Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500211.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa masih kurang baik dalam menulis cerita pendek, siswa merasa kesulitan menentukan tema yang akan dibuat, siswa juga mengalami kesulitan menentukan kosa kata yang digunakan, siswa juga masih salah dalam penulisan EBI. Sehingga diperlukan media dalam proses pembelajaran, salah satu media yang dapat digunakan adalah media gambar yang dapat peningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: apakah ada peningkatan keterampilan menulis cerita pendek dengan menggunakan Media Gambar Untuk Kelas IV SD Negeri 116897 Hapoltakan Nauli Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara. Adapun tujuan penelitian ini untuk melihat gambaran peningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa, dengan menggunakan media gambar serta meningkatkan proses pembelajaran menulis cerita pendek di Kelas IV Negeri 116897 Hapoltakan Nauli Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data yang digunakan adalah siswa dan guru, dan instrument pengumppulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri 116897 Hapoltakan Nauli Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan II siklus, pada prasiklus presentase ketuntasan keterampilan menulis cerita pendek siswa adalah 33,33% dengan nilai rata-rata 54,44%. Pada siklus I pertemuan I presentase ketuntasan keterampilan menulis siswa meningkat menjadi 44,44% dengan nilai rata-rata kelas 60,18% pada siklus I pertemuan II presentase ketuntasan sebesar 59,26% dengan rata-rata 66,85% selanjutnya pada siklus II pertemuan I menjadi 77,78% dengan rata-rata 73,59% dan pada siklus II pertemuan II mengalami peningkatan menjadi 88,89% dengan rata-rata 78,33% hasil penelitian menunjukkan penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IV SD Negeri 116897 Hapoltakan Nauli Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd. dan Anita Angraini Lubis, M.Hum
Keywords: Keterampilan Menulis Cerita Pendek; Media Gambar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200516 Indonesian Literature
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 23 Oct 2024 14:51
Last Modified: 31 Oct 2024 08:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11201

Actions (login required)

View Item View Item