Azmi, Septi Nur (2024) Peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran make a match siswa Kelas V SD Negeri 101810 Gunung Manaon Kecamatan Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500201.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran yang guru gunakan dalam pembelajaran kurang bervariasi, sehingga siswa kurang berinteraki selama proses pembelajaran dan minat belajar siswa juga masih kurang sehingga hasil belajar siswa kurang optimal, akibatnya hasil belajar siswa masih rendah. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran salah satunya dengan model pembelajaran make a match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi pantun di kelas V SD Negeri 101810 Gunung Manaon dan untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap model pembelajaran Make A Match pada materi pantun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian yang bersifat reflektif dengan menggunakan tindakan-tindakan untuk memperbaiki atau meningkatkan hasil belajar siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik pemeriksaan keabasahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan mencari rata-rata kelas (mean) dan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada nilai rata-rata pra siklus adalah 53,3 dengan persentasi ketuntasan 25%, kemudian pada siklus I pertemuan pertama hanyayy terjadi sedikit peningkatan di nilai rata-rata kelas menjadi 59,1 sedangkan nilai ketuntasan masih tetap yaitu 25%, selanjutnya pada pertemuan 2 siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 62,5 dengan persentasi ketuntasan 42%, selanjutnya pada siklus II pertemuan ke-1 nilai rata-rata siswa juga mengalami peningkatan dimana nilai rata-rata siswa mencapai 75 dengan persentasi 62%. Dan pada siklus II pertemua ke-2 juga hasil belajar siswa dapat peningkatan dimana nilai rata-rata siswa adalah 81,6 dengan persentasi ketuntasan 83%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erna Ikawati, M.Pd dan Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A |
Keywords: | Hasil Belajar; Make A Match; Bahasa Indonesia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 23 Oct 2024 14:36 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 07:57 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11199 |
Actions (login required)
View Item |