Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan kemampuan membaca permulaan menggunakan media kartu huruf siswa Kelas 1 SDN 123 Hutabargot Dolok Kabupaten Mandailing Natal

Suryani, Irma (2024) Peningkatan kemampuan membaca permulaan menggunakan media kartu huruf siswa Kelas 1 SDN 123 Hutabargot Dolok Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500194.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya peningkatan kemampuan membaca permulaan menggunakan media kartu huruf siswa kelas 1 SDN 123 Hutabargot Dolok Kabupaten Mandailing Natal. Penyebab kurangnya kemampuan membaca permulaan siswa yaitu media pembelajaran yang kurang menarik minat siswa sehingga siswa kurang merespon guru saat menjelaskan materi pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu huruf siswa kelas 1 SDN 123 Hutabargot Dolok Kabupaten Mandailing Natal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada kemampuan membaca permulaan menggunakan media kartu huruf siswa kelas 1 SDN 123 Hutabargot Dolok Kecamatan Hutabargot Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dan setiap satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kemampuan membaca permulaan siswa pada pembelajaran membaca setiap siklus mengalami peningkatan. Hal ini dilihat dari hasil kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD N 123 Hutabargot Dolok Mulai dari kondisi awal nilai rata-rata 59,50 dengan persentse ketuntasan 25% kemudian siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata 61,05 dengan persentase ketuntasan 30% pada siklus I pertemuan II nilai rata-rata 64,45. Kemudian siklus II pertemuan I dengan nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 67,60 dengan persentase ketuntasan 50%. Dan siklus II pertemuan II nilai rata-rata mencapai 79,85. Dengan persentase ketuntasan belajar 80%. Dengan demikian penelitian ini dihentikan pada siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan yang telah peneliti targetkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd
Keywords: Kemampuan; Membaca; Media; Kartu Huruf
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 21 Oct 2024 03:18
Last Modified: 23 Oct 2024 04:01
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11195

Actions (login required)

View Item View Item