Solahuddin, Solahuddin (2024) Penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 100903 Hutaraja Kecamatan Muara Batang Toru. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500158.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 100903 Hutaraja Kecamatan Muara Batang Toru. Kuranganya pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Idonesia disebabkan oleh kurang efektifnya guru dalam penggunaan model pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 100903 Hutaraja Kecamatan Muara Batang Toru. Yang menjadi tujuan peneliti untuk menegetahui minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan 2 siklus yang dilaksanakan pada kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 100903 Hutaraja Kecamatan Muara Batang Toru. Dengan jumlah siswa 21 orang. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, refleksi. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran (CIRC) untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V di SDN 100903 Hutaraja Kecamatan Muara Batang Toru mulanya masih rendah. Namun dengan adanya Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menjadikan minat siswa dalam proses pembelajaran semakin meningkat pada setiap siklus yaitu pada siklus I pertemuan I rata-rata kelas 58,5%, (30%) 6 orang siswa dengan kategori tinggi, (35%) 7 orang siswa kategori sedang dan (35%) 7 orang siswa. Pada siklus I pertemuan II rata- rata kelas 65,75%, (55%) 11 orang siswa dengan kategori sangat tinggi dan tinggi, (20%) 4 orang siswa dengan kategori sedang, (25%) 5 orang siswa dengan kategori rendah. Pada siklus II pertemuan I rata-rata 70%, (70%) 14 orang siswa dengan kategori sangat tinggi dan tinggi, (15%) 3 orang siswa dengan kategori sedang, (15%) orang siswa dengan kategori rendah. Pada siklus II pertemuan II dengan rata-rata kelas 81%, (90%) 18 orang siswa dengan kategori sangat tinggi dan tinggi, (5%) 1 orang siswa dengan kategori sedang, (5%) 1 orang siswa dengan kategori rendah. Dari data yang diperoleh sudah mencapai nilai yang diharapakan dengan persentase 80% maka penelitian ini dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag, M.Ag. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I |
Keywords: | Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition; Minat Belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 02:52 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 03:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11191 |
Actions (login required)
View Item |