Lubis, Fitri Adelia (2024) Pengaruh model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan PAIKEM terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas IV SDN 101509 Muaratais II Angkola Muaratais. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500156.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Berdasarkan Latar belakang masalah dalam penelitian ini ialah,Masih banyak terlihat siswa yang memiliki respon lambat dalam proses pembelajaran, Masih banyak siswa bersikap acuh tak acuh ketika guru menjelaskan materi pembelajaran Perubahan wujud benda Masih banyak terlihat siswa yang suka bersosialisasi dalam pembelajaran IPA, Masih terlihat siswa yang diam pada saat pembelajaran IPA berlangsung. Maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:Apakah terdapat pengaruh signifikan model PAIKEM terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN101509 Muaratais II Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) terhadap Motivasi Belajar Siswa pada mata Pelajaran IPA kelas IV SDN 101509 Muaratais II Angkola Muaratais . penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu variabel belas (Vx) berupa PAIKEM dan variabel terikat (Vy) Motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran IPA. penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif denga menggunakan metode kuesioner . Berdasarkan hasil pengajuan hipotesis dimana nilai t tabel 1% < t hitung > t tabel 5% adapun penentuan nilai t tabel dengan rumus n - k (95 – 2) = 93 sehingga t tabel 1% sebesar 2,63033 sedangkan t tabel 5% sebesar 1,98580 sehingga t tabel 1% (2,63033) < t hitung (4.479) > t tabel 5% (1,98609) dan nilai signifikan yang dihasilkan sebesar 0,858 lebih kecil dari 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Dengan tingkat konstribusi sebesar 51,7% sedangkan sisanya sebesar 48,3% dipengaruhi oleh faktor lain.Kesimpulan bahwa model PAIKEM memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasih belajar siswa pada mati pelajaran IPA kelas IV SDN 101509 Muaratais II Angkola Muaratais
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Asriana Harahap, M.Pd |
Keywords: | Pembelajaran Aktif; Inovatif, Kreatif; Efektif; Menyenangkan; (PAIKEM); Motivasi Belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 02:44 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 03:44 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11190 |
Actions (login required)
View Item |