Nasution, Aisyah Dita Safitri (2024) Penerapan pendekatan saintifik berbantu media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 200301 Pudun Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500153.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi karena hasil belajar siswa masih rendah disebabkan oleh kurangnya semangat dan konsentrasi siswa dalam belajar, kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran yang disampaikan guru, rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat kepada guru dan kurang melibatkan siswa. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa, dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantu media gambar diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran IPA. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan pendekatan saintfik berbantu media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV di SD Negeri 200301 Pudun Kota Padangsidimpuan . Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan tentang peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan saintifik berbantu media gambar dalam pembelajaran IPA kelas IV di SD Negeri 200301 Pudun Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus, dan setiap siklus terdapat 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen dalam penelitian yaitu berupa tes pilihan berganda dan observasi guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui pendekatan saintifik berbantu media gambar pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri 200301 Pudun Kota Padangsidimpuan mengalami peningkatan dari tes awal ke siklus I, dan dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa yang tuntas, persentase ketuntasan serta rta-rata kelas siswa 36% dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 9 siswa. Sebelum siklus ketuntasan hasil belajar yang diperoleh sebesar 36%. Pada siklus I rata-rata kelas yang diperoleh siswa 64,4 dengan jumlah siswa yang tuntas 15 dari 25 siswa dengan ketuntasan hasil belajar 60%. Sementara pada siklus II rata-rata kelas adalah 81, 6 dengan jumlah siswa yang tuntas 20 siswa yaitu 80%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Syafrilianto, M.Pd. dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi |
Keywords: | Hasil Belajar; Pendekatan Saintifik; Pembelajaran IPA |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 02:38 |
Last Modified: | 23 Oct 2024 03:40 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11189 |
Actions (login required)
View Item |