Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 200503 Kota Padangsidimpuan

Purwasih, Ratih (2024) Penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik Kelas V Sekolah Dasar Negeri 200503 Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500084.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Tematik siswa di SD Negeri 200503 Kota Padangsidimpuan. Hal ini dilihat dari hasil rata-rata nilai ulangan siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) ini belum pernah digunakan dalam pembelajaran Tematik di kelas V. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas V Sekolah Dasar Negeri 200503 Kota Padangsidimpuan. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di kelas V Sekolah Dasar Negeri 200503 Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas V SD Negeri 200503 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200503 Padangsidimpuan tepatnya di kelas V dengan jumlah siswa 24 orang. Adapun instrumen pengumpulan data berupa soal tes dan lembar observasi. Penelitian ini dilakukan dengan II siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Hamidah, M.Pd dan Ade Suhendra, M.Pd.I
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran CIRC; Pembelajaran Tematik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 20 Oct 2024 15:18
Last Modified: 21 Oct 2024 09:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11178

Actions (login required)

View Item View Item