Hutabarat, Ramadhan (2023) Metode pendidikan akhlak dalam membentuk sikap sosial siswa di Madrasah Tsanawiyah Se Kecamatan Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2150100018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini fokus pada metode pendidikan akhlak dalam membentuk sikap sosial siswa. Sikap sosial siswa sangat penting untuk dibentuk melalu pendidikan akhlak, dan harus dilakukan dengan metode-metode yang relevan. Realitanya di lapangan ditemukan bahwa belum sepenuhnya siswa mampu bersikap sosial yang baik. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka peneliti merumuskan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana sikap sosial siswa di Madrasah Tsanawiyah Se Kecamatan Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah, apa saja faktor yang mempengaruhi sikap sosial siswa di Madrasah Tsanawiyah Se Kecamatan Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah, bagaimana metode pendidikan akhlak di Madrasah Tsanawiyah Se Kecamatan Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah, dan apa saja faktor yang mempengaruhi metode pendidikan akhlak di Madrasah Tsanawiyah Se Kecamatan Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah. Untuk menemukan hasil penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif, yaitu dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sikap Sosial Siswa di Madrasah Tsanawiyah Se Kecamatan Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah dapat dikatakan dengan baik yang dilihat dari siswa yang masih memiliki sikap jujur, sopan santun, disiplin, dan mampu menanggapi orang lain dengan baik, serta memiliki sikap rasa tolong menolong. Metode pendidikan akhlak dalam membentuk sikap sosial siswa di Madrasah Tsanawiyah Se Kecamatan Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah meliputi beberapa metode yaitu: metode keteladanan, metode pembiasaan, metode memberikan nasehat atau ceramah, dan metode pemberian sanksi atau hukuma. Faktor yang Mempengaruhi Metode Pendidikan Akhlak dalam membentuk sikap sosial siswa di Madrasah Tsanawiyah Se Kecamatan Pinangsori Kabupaten Tapanuli Tengah sesuai yang ditemukan di lapangan yaitu terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu keperibadian siswa, dan faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Metode pendidikan akhlak; Sikap sosial siswa |
Keywords: | Dr. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 07:57 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 07:57 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11170 |
Actions (login required)
View Item |