Tambunan, Habsah Tiurmaida (2024) Peran bimbingan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak di Kelurahan Aek Tolang Kecamatan Tukka Kabupaten Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500041.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan proses mendidik dan menuntut anak didik untuk mencapai tujuan tertentu dalam wujud perubahan positif dalam diri anak. Perubahan yang dimaksud merupakan bagian proses kedewasaan yang berlangsung secara terus menerus pada akhirnya terwujud kedewasaan pada anak, pendidik berawal dari keluarga yaitu kedua orang tua dan dilanjutkan dengan pendidikan formal dan lingkungan masyarakat. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana peran bimbingan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak di Kelurahan Aek Tolang Kecamatan Tukka Kabupaten Tapanuli Tengah dan apa saja hambatan bimbingan orang tua dalam meningkatan motivasi belajar anak di Kelurahan Aek Tolang Kecamatan Tukka Kabupaten Tapanuli Tengah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif. Subjek penelitian yaitu anak dan orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penjaminan keabsahan data yaitu perpanjangan waku penelitian, triangulasi, dan teman sejawat, dan teknik pengolahan data dan analisis data menggunakan analisis deskrtiptif dengan menggambarkan suatu kejadian atau peristiwa yang ditemukan dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan yaitu Peran bimbingan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak di Kelurahan Aek Tolang dikategorikan cukup baik meskipun ada hambatan yang dialami orang tua dalam meningkatakan motivasi belajar anak. Peran orang tua sangat besar dalam membina, mendidik, memotivasi dan membesarkan anak hingga menjadi sukses. Dengan memberi perhatian, pemberian hadiah, dan pemberian penghargaan dapat memengaruhi motivasi belajar anak sehingga peran orang tua sebagai panutan bai anak untuk membina dan mengajarkan anak tentang sifat terpuji dan tercela, keteladanan kisah-kisah para rasul dan sahabatnya, shalat, puasa dan doa sehari-hari kemudian peran orang tua sebagai fasilitator anak menyediakan kebutuhan anak demi menunjnag kenyamanan dan proses belajar anak. Dan hambatan yang dialami orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak diantaranya yaitu anak yang malas untuk belajar, dikarenakan kebanyakan bermain dengan teman sebaya sekitaran rumah, dan memakai handphone untuk bermain game. Dengan demikian dalam proses meningkatkan motivasi belajar anak orang tua harus lebih berperan dalam meningkatkan tugas sebagai orang tua untuk meningkatkan motivasi belajar anak secar maksimal agar tujuan anak tercapai dengan baik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd dan Asriana Harahap, M.Pd |
Keywords: | Bimbingan Orang Tua; Motivasi Belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 04:03 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 09:00 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11165 |
Actions (login required)
View Item |