Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui media gambar seri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 200207 Padangsidimpuan

Dewi, Wenny Pitria (2024) Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui media gambar seri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 200207 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan narasi siswa. Hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), hal tersebut diduga karena guru kurang kreatif dalam menggunakan model dan media pembelajaran yang menjadikan pembelajaran menjadi monoton dan membosankan sehingga siswa tidak memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian adalah: apakah penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN 200207 Padangsidimpuan? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan teman sejawat dan guru kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 200207 Padangsidimpuan yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara mengecek data yang diperoleh dari wali kelas dan siswa kelas V. Teknik ini diperoleh dengan cara tes berupa lembar unjuk kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SDN 200207 Padangsidimpuan. Hal ini dibuktikan dari hasil keterampilan menulis karangan narasi siswa pada tes awal dengan rata-rata kelas 58 dan persentase ketuntasan 21,73%. Hasil tes keterampilan menulis karangan narasi siswa pada siklus I pertemuan ke-1 dengan rata-rata kelas 68,91 dan persentase ketuntasan 39,13%. Hasil tes keterampilan menulis karangan narasi siswa pada siklus I pertemuan ke-2 dengan rata-rata kelas 76,30 dan pesentase ketuntasan 56,52%. Hasil tes keterampilan menulis karangan narasi siswa pada siklus II pertemuan ke-1 dengan rata-rata kelas 77,86 dan persentase ketuntasan 78,29%. Hasil tes keterampilan menulis karangan narasi siswa pada siklus II pertemuan ke-2 dengan rata-rata kelas 79,30 dan persentase ketuntasan 86,95%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd
Keywords: Media Gambar Seri; Keterampilan Menulis Karangan Narasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 17 Oct 2024 03:47
Last Modified: 17 Oct 2024 08:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11163

Actions (login required)

View Item View Item