Afriasti, Rahma (2024) Implementasi pendidikan karakter melalui pembudayaan 5s (senyum, sapa, salam, sopan, santun) di SDN 06 Koto Balingka Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500020.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan karakter melalui pembudayaan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) di SDN 06 Koto Balingka. Dalam sosialisasi pembudayaan 5S, Langkah-langkah praktis dan evaluasi tindak lanjut pembudayaan 5S di SDN 06 Koto Balingka. Salah satu solusi agar pendidikan karakter ini bisa diterapkan dan akan selalu menjadi tonggak yang akan tetap ada dan utuh dari generasi kegenerasi. Pendidikan karakter yang paling dasar di tanamkan sejak dini khususnya di bangku sekolah adalah pembudayaan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) yang merupakan budaya yang harus tetap melekat pada bangsa Indonesia dan akan tetap terus ada dari generasi kegenerasi.Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi atau penerapan pendidikan karakter melalui pembudayaan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) di SDN 06 Koto Balingka Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat dan yang mempengaruhi penerapan pembudayaan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) di SDN 06 Koto Balingka Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif atau hasil yang didapatkan melalui kegiatan observasi dilapangan. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui: pertama, Sosialisasi pembudayaan 5S dengan cara mendiskusikan dengan guru-guru bagaimana cara mengenalkan budaya 5S karena pembudayaan 5S sangat berpengaruh terhadap lingkungan sekolah dan kegiatan peserta didik dalam sehari-hari. Kedua, Langkah-langkah praktis pembudayaan 5S dengan cara mencontohkan kepada tentang pembudayaan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) dalam bentuk ucapan atau tegur sapa contoh praktis ucapan itu bersalaman dengan guru ketika masuk kelas, menyapa guru dan menghormati guru dan saling menghargai sesama teman kelas. Ketiga, evaluasi dan tindak lanjut pembudayaan 5S dengan cara melihat efektivitas implementasi pendidikan karakter melalui pembudayaan 5S dan melakukan langkah tindak lanjut atau mengevaluasi kembali apa yang sudah di sosialisasikan kepada peserta
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Anhar, M.A dan Anita Angraini Lubis, M.Hum |
Keywords: | Implementasi; Pendidikan Karakter; Pembudayaan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 08:28 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 09:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11159 |
Actions (login required)
View Item |