Zendato, Desy Iska Putri (2024) Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran team games tournament (TGT) di Kelas IV SD Negeri 200413 Tinjoman Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Adapun latar belakang masalah mengungkapkan judul, bahwa berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV di SD Negeri 200413 Tinjoman Kota Padangsidimpuan menjelaskan bahwa Hasil belajar siswa masih rendah dalam proses pembelajaran, hal ini disebabkan karena penggunaan model pembelajaran yang belum bervariasi, metode yang digunakan adalah ceramah dan tanya jawab, sehingga siswa yang mengerti saja yang aktif sedangkan yang tidak mengerti tetap pasif. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan Model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SD Negeri 200413 Tinjoman Kota Padangsidimpuan. Jenis Penelitian adalah Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teori Kurt Lewin. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200413 Tinjoman Kota Padangsidimpuan. Dengan subjek penelitian kelas IV yang berjumlah 12 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar soal. Prosedur PTK dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus, setiap siklus II pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penerepan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siwa. Selbellum tilndakan nillail rata-rata kellas adalah 53,16% dan prelselntasel keltuntasan bellajar silswa adalah 42,10% atau 8 orang. Pada silklus Il pelrtelmuan 1 nillail rata-rata kellas adalah 56,84% dan prelselntasel keltuntasan bellajara silswa adalah 52,63% delngan jumlah silswa yang tuntas selbanyak 10 silswa, pada pelrtelmuan 2 nillail rata-rata kellas adalah 63,68% dan prelselntasel keltuntasan bellajar silswa adalah 63,15% delngan jumlah silswa yang tuntas selbanyak 12 orang. Seldangkan pada silklus IlIl pelrtelmuan 1 nillail rata-rata kellas adalah 69,05% dan prelselntasel keltuntasan bellajar silswa adalah 78,94% delngan jumlah silswa yang tuntas selbanyak 15 orang, pada pelrtelmuan 2 nillail rata-rata kellas adalah 78,42% dan prelselntasel keltuntasan bellajar silswa adalah 89,47% delngan jumlah silswa yang tuntas selbanyak 17 orang. Sellailn iltu pelnilngkatan hasill bellajar silswa dapat dillilhat daril hasill obselrvasil yang dillakukan pelnelliltil sellama prosels pelmbellajaran belrlangsung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SD Negeri 200413 Tinjoman Kota Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Syafrilianto, M.Pd |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Model Pembelajaran TGT; Pembelajaran IPA |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 07:55 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 08:48 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11156 |
Actions (login required)
View Item |