Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Tipe Group Investigation (GI) pada materi SPLDV

Sari, Siska Permata (2024) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Tipe Group Investigation (GI) pada materi SPLDV. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2250500012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika terutama pada soal yang berbentuk essai. Selama kegiatan belajar mengajar terdapat beberapa peserta didik yang menjawab dengan benar permasalahan matematika, tetapi tidak bisa menjelaskan teknik penyelesaiannya. Terkait gaya belajar siswa ditemukan bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru dan guru menggunakan metode klasik seperti ceramah dan hanya menggunakan buku sebagai sumber belajar. Guru kurang mengenali gaya belajar masing-masing siswa, bahkan tidak tahu cara mengajar yang tepat sesuai karakteristik dan gaya belajar siswa. Padahal memahami gaya belajar siswa merupakan hal yang sangat penting dan berpengaruh dalam siswa menerima informasi dari guru. Untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran matematika dan gaya belajar siswa seperti yang telah dikemukakan diatas, maka diperlukan suatu model pembelajaran yang sesuai dan mampu untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan gaya belajar matematika siswa. Model pembelajaran kooperatif tersebut yaitu Think Pair Share (TPS) dan Group Investigation (GI). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar siswa dengan model Think Pair Share (TPS) dan Group Investigation (GI). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan Quasi exsperimen. Analisis data bersifat statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling dengan jumlah Sampel sebanyak 55 siswa SMP N 5 Panyabungan. Hasil penelitian diperoleh nilai sig sebesar 0,002< 0,05. Nilai F hitung > F tabel, yakni 6,894 > 2,78 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Group Investigation (GI).

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si dan Dr. Anita Adinda, M.Pd
Keywords: Kemampuan pemecahan masalah; Gaya belajar; TPS; GI
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 Oct 2024 01:46
Last Modified: 16 Oct 2024 01:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11143

Actions (login required)

View Item View Item