Pohan, Demlina Sari (2024) Pengembangan video animasi sebagai media pembelajaran matematika di MAS Robitotul Istiqomah Huristak Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920200058.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami matematika. penyampaian materi yang kurang menarik minat peserta didik. Peserta didik mengalami kesulitan dalam memhami materi yang penyampaian materinya hanya berfokus pada media buku, papan tulis yang menyebabkan kurangnya minat peserta didik untuk memahami materi yang menyebabkan rendahnya nilai peserta didik. Disamping itu yang perlu diperhatikan adalah proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil pra penelitian di MAS Robitotul Istiqomah Huristak Padang Lawas diketahui bahwa media pembelajaran yang digunakan selama ini video yang hanya berisi penjabaran materi dengan background hitam. Berdasarkan hal tersebut, penuis merumuskan masalah “ Bagaimana pengembangan, Kelayakan serta respoden peserta didik terhadap media pembelajaran video animasi?. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran interaktif berbasis video animasi, kelayakan dan kemanfaatan media pembelajarandi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: Analysis, Design, Develoment, Implementaion,dan Evalution. Populasinya adalah seluruh kelas XI. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang sudah divalidasi, observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan uji t, validasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran video animasiterdiri dari aspek pengembangan yaitu: desain, materi, bahasa. Dari segi desain yaitu: tampilan terdapat gambar animasi yang bergerak. Dari segi Materi lebih jelas, akurat dan terperinci. Dari segi bahasa : jelas, lugas, dan mudah dipahami. Kelayakan media pembelajaran video animasi dari hasil penelitian yaitu “ sangat layak” digunakan senagai media pembelajaran peserta didik kelas XI. Hal ini dapat dilihat dari hasil presentase validasi ahli media, validasi oleh materi dan validasi oleh ahli bahasa. Selanjutnya respon peserta didik menunjukkan kriteria “ sangat menarik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi terdiri dari tiga aspek pengembangan, yaitu desain, mareti dan bhasa. Kelayakan media pembelajaran video aniamsi dari hasil validasi tm ahli media,, ahli materi dan bahasa sangat layak dan respon peserta didik video animasi sangat layak digunakan dalam peroses pembelajaran di MAS Robitotul Istiqomah Huristak Padang Lawas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nur Fauziah Siregar, M.Pd dan Dr. Anita Adinda, M.Pd |
Keywords: | Media Video Animasi; Kemampuan Berpikir Kreatif; ADDIE; Baris Dan Deret Matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 02:27 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 03:31 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11127 |
Actions (login required)
View Item |