Azhari, Indra (2024) Pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi statistika di Kelas X SMK Negeri 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920200046.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa pada materi statistik. Siswa sulit untuk menerapkan prinsip serta keterampilannya dan kurangnya pemahaman terhadap materi yang disampaikan sehingga membuat siswa kesulitan untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Hal ini membuat siswa tidak mampu mencapai nilai ketuntasan untuk pelajaran matematika.Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru serta keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalahnya adalah Apakah ada pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Statistik Di Kelas X SMK Negeri 1 Padangsidimpuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Statistika di Kelas X SMK Negeri 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen jenis desain True Eksperimental Design dalam bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Padangsidimpuan dan pengambilan sampelnya adalah cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data adalah tes essay yang sudah divalidasi. Sampel kelas eksperimen diberikan perlakuan khusus yaitu menggunakan model pembelajaran Jigsaw kelas kontrol tidak diberikan perlakuan khusus. Analisis data menggunakan uji t setelah data terpenuhi berdistribusi normal dan homogen hasil penelitian tersebut. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan perbedaan rat-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 76,57 dan kelas kontrol sebesar 69,43. Ada pengaruh yang signifikan eksperimentasi model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi statistic di kelas X SMK Negeri 1 Padangsidimpuan. Hasil yang diperoleh dari nilai signifikansi 5% yaitu t_hitumg = 3,360 > t_tabel = 1,995 maka H_0 ditolak dan H_a diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A dan Diyah Hoiriyah, M.Pd |
Keywords: | Model Pembelajaran Jigsaw; Hasil Belajar Matematika Siswa; Statistika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 02:21 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 03:28 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11126 |
Actions (login required)
View Item |