Pane, Dina Fadillah (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis multiple intelligences menggunakan permainan teka-teki silang pada materi barisan dan deret aritmetika di Kelas X MAN 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920200044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini ialah LKPD matematika yang merupakan bahan ajar dalam proses pembelajaran harus mampu mengakomodasi kecerdasan peserta didik yang berbeda-beda. Howard Gardner mengemukakan bahwa terdapat 9 macam kecerdasan yang dimiliki oleh setiap individu yang sering disebut dengan Multiple Intelligences. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Multiple Intelligences menggunakan permainan Teka-Teki Silang yang valid, praktis dan efektif pada materi Barisan dan Deret Aritmetika di kelas X MAN 1 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development / R & D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang meliputi define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar validasi LKPD, lembar angket respons guru dan peserta didik serta lembar tes hasil belajar berupa pretest dan posttest. Lembar validasi LKPD digunakan untuk mengetahui tingkat kevalidan LKPD berbasis Multiple Intelligences yang dikembangkan. Lembar angket respons guru dan peserta didik digunakan untuk mengetahui tingkat praktikalitas LKPD berbasis Multiple Intelligences yang dikembangkan. Sedangkan lembar tes hasil belajar berupa pretest dan posttest digunakan untuk mengetahui tingkat efektivitas LKPD berbasis Multiple Intelligences yang dikembangkan. Uji coba LKPD berbasis Multiple Intelligences dilaksanakan di kelas X-B MAN 1 Padangsidimpuan yang berjumlah 36 orang peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Multiple Intelligences menggunakan permainan Teka-Teki Silang pada materi Barisan dan Deret Aritmetika memenuhi kriteria kevalidan dengan persentase rata-rata sebesar 79,55% yang merupakan kategori valid, memenuhi kriteria kepraktisan dengan persentase rata-rata sebesar 83,22% yang merupakan kategori sangat praktis dan memenuhi kriteria keefektifan dengan N-Gain Percent sebesar 61,2% yang merupakan kategori cukup efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Dr. Anita Adinda, M.Pd |
Keywords: | LKPD; Multiple Intelligences; Teka-Teki Silang; Barisan dan Deret Aritmetika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 02:18 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 03:26 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11124 |
Actions (login required)
View Item |