Harahap, Anisa Hotmarito (2024) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis dan minat belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri dan problem based learning. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920200006.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal matematika. Apabila soal yang diberikan sedikit berbeda dengan contoh soal yang sudah diberikan oleh guru, maka banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menjawab soal matematika tersebut. Siswa mengalami kesulitan dalam membangun ide-ide dan gagasan-gagasan baru untuk menyelesaikan permasalahan soal tersebut dan ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menjawab soal kurang berkembang. Disamping itu yang perlu diperhatikan adalah penggunaan model pembelajaran oleh guru yang kurang tepat sehingga keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar belum stabil. Rumusan masalah pertama dalam penelitian ini adalah apakah terdapat Perbedaan yang Signifikan dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Inkuiri dan Model Problem Bosed Learning di kelas X SMA Negeri 1 Batang Onang. Rumusan masalah kedua dalam penelitian ini adalah apakah terdapat Perbedaan yang Signifikan dalam Minat Belajar Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Inkuiri dan Problem Bosed Learning di kelas X SMA Negeri 1 Batang Onang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa dengan model pembelajaran inkuiri dan model problem based learning di kelas X SMA Negeri 1 Batang Onang. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Batang Onang dan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes yang sudah divalidasi serta angket minat belajar. Kedua Sampel kelas sama-sama diberi perlakuan sehingga terdapat 2 kelas eksperimen yaitu untuk kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran inkuiri dan kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran problem based learning. Analisis data menggunakan uji t setelah data terpenuhi berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri dan problem based learning pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar kelas X SMA Negeri 1 Batang Onang. Dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam minat belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri dan Problem Bosed Learning di kelas X SMA Negeri 1 Batang Onang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Almira Amir, M.Si dan Rahma Hayati Siregar, M.Pd |
Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri; Model Pembelajaran Problem Based Learnin; Kemampuan Pemecahan Masalah; Minat belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 07:57 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 08:58 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11118 |
Actions (login required)
View Item |