Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Nilai-nilai pendidikan anak usia dini dalam Al-Qur’an (studi Surah Luqman ayat 12-15 perspektif Tafsir Ibnu Katsir)

Hutasuhut, Muhammad Rivai (2018) Nilai-nilai pendidikan anak usia dini dalam Al-Qur’an (studi Surah Luqman ayat 12-15 perspektif Tafsir Ibnu Katsir). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0061.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Al-Qur’an (Studi Surah Luqman Ayat 12-15 Perspektif Tafsir Ibnu Katsir). Fokus penelitian ini yaitu Surah Luqman Ayat 12-15 dalam Perspektif Tafsir Ibnu Katsir serta analisisnya menurut data teoretis dalam konteks Pendidikan Anak Usia Dini yang terkandung didalam surah Luqman Ayat 12-15. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana penafsiran surah Luqman ayat 12-15 dalam tafsir ibnu katsir, dan apa saja kandungan nilai pendidikan anak usia dalam surah Luqman ayat 12-15. Berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tafsir surah Luqman ayat 12-15 perspektif tafsir Imam Ibnu Katsir, serta bagaimana nilai pendidikan anak usia di dalam surah Luqman ayat 1215. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yaitu suatu metode penelitian yang berusaha untuk mengambil dan mengumpulkan bahan-bahan, buku, ataupun literatur yang mendukung penelitian ini. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dan ditafsirkan menggunakan metode penafsiran tahlili yaitu penafsiran ayat-ayat Al-Quran dengan memaparkan segala aspek yang terkandung didalam ayat Al-Quran, ayat demi ayat surah demi surah sesuai urutannya di dalam mushaf Al-Quran, dan memberikan pemahaman tentang makna yang terkandung didalamnya sesuai dengan keahlian dan kecenderungan mufassir yang menafsirkan ayat tersebut. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis data dengan teknik analisis isi (content analysis). Merupakan metode yang digunakan untuk memperhatikan, dan memahami makna yang terkandung dalam suatu konten sehingga dapat diambil suatu kesimpulan tentang permasalahan yang sedang diteliti. Dalam surah Luqman ayat 12-15 perspektif tafsir Ibnu Katsir dapat ditarik beberapa kesimpulan tentang nilai-nilai pendidikan anak usia dini yaitu: 1) Orangtua dan sebagai pendidik Seharusnya Mempersiapkan Kompetensi dalam mendidik anak yakni dengan penuh hikmah dan bijaksana. Dan juga rasa syukur atas karunia Allah SWT. 2) orangtua mestilah perlu mencurahkan kasih sayang kepada anaknya dan perhatian yang cukup. 3) Pendidik harus menanamkan Pendidikan Aqidah sejak dini yaitu mengesakan Allah dan tidak menyekutukannya. 4) orangtua mesti mendidik anak sesuai dengan minat dan bakat serta kemampuan anak dalam artian tidak memaksakan kehendak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pnedidikan ANak Usia Dini; Surah Luqman Ayat 12-15
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 29 Apr 2020 06:48
Last Modified: 03 Jun 2020 04:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1111

Actions (login required)

View Item View Item