Daulay, Cici Angraini (2024) Strategi guru pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan baca tulis al-Qur’an pada siswa Kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100292.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian adalah kesulitan dalam membaca dan menulis Al-Qur’an masih ditemui antara lain tidak semua siswa bisa membaca dan menulis Al-Qur’an seperti tidak memahami huruf-huruf Hijaiyah, tidak memahami tanda baca, dan susahnya menulis Huruf-huruf Hijaiyah, serta mengeja dan membaca Al-Qur’an, untuk itu diperlukan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an pada siswa kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Baca Tulis Al-Qur’an pada Siswa Kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Padangsidimpuan, dan Apa Hambatan guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Baca Tulis Al-Qur’an pada Siswa Kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an pada siswa kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Padangsidimpuan dan apa hambatan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan Baca Tulis Al-Qur’an pada siswa kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an pada siswa kelas I di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Padangsidimpuan dari analisis hasil penelitian strategi yang dilakukan guru pendidikan agama Islam cukup baik dalam pengamatan, pendekatan, penyampaian, menulis, membaca, pengenalan harokat, metode drill, dan mengadakan sarana dan prasarana. Adapun hambatan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an adalah kurangnya keterbatasan alokasi waktu dan kepribadian siswa yang masih labil
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I |
Keywords: | Strategi Guru Pendidikan Agama Islam; Mengatasi Kesulitan Baca Tulis Al-Qur’an |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 03:15 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 04:01 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11109 |
Actions (login required)
View Item |