Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru pendidikan Agama Islam dalam membangun sikap kemandirian belajar siswa di SMP N 6 Padangsidimpuan

Irawan, Nuryke (2024) Upaya guru pendidikan Agama Islam dalam membangun sikap kemandirian belajar siswa di SMP N 6 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100279.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh temuan awal yang memperlihatkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam telah melakukan upaya-upaya dalam membangun sikap kemandirian belajar siswa. Upaya dimaksud adalah memberi penugasan secara individu atau kelompok dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan menggunakan metode yang bervariasi dan siswa bisa bertanya sesuai dengan masalah yang tidak diketahui dalam pembelajaran yang sedang berlangsung. Berdasarkan temuan awal diatas maka masalah pokok penelitian ini adalah bagaimana visi dan perencanaan, penerapan (tindakan), evaluasi dan tindak lanjut hasil evaluasi guru PAI dalam membangun sikap kemandirian belajar siswa di SMP N 6 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui visi dan perencanaan, penerapan (tindakan), evaluasi dan tindak lanjut hasil evaluasi guru PAI dalam membangun sikap kemandirian belajar siswa di SMP N 6 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh informasi dari peristiwa, kejadian yang ada di lapangan, selanjutnya mendeskripsikan sebagai jawaban terhadap rumusan masalah. Metode analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah upaya guru PAI dalam membangun sikap kemandirian belajar siswa di SMP N 6 Padangsidimpuan dapat dilihat dari empat poin yaitu, (1) Visi dan perencanaan. Guru memiliki visi bahwa sikap mandiri dalam belajar dapat tumbuh dan berkembang dalam suasana belajar yang baik. Guru merencanakan dengan memberikan contoh pembiasaan-pembiasaan kepada siswa dalam tindakan yang baik, merencanakan untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan yang dapat memicu rasa ingin tahu siswa tentang suatu masalah. (2) Penerapan (tindakan), dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan yang baik dan memberikan rasa tanggung jawab pada siswa. Dan meminta siswa menjawab pertanyaan yang diberikan guru kemudian meminta siswa mengambil keputusan dan memecahkan masalahnya sendiri dalam pembelajaran. (3) Evaluasi, dengan cara penilaian setiap saat, baik diluar maupun didalam jam pemelajaran, di kelas maupun diluar kelas dengan cara pengamatan dan pencatatan dengan cara mengamati perilaku siswa.(4) Tindak lanjut hasil evaluasi, memberi kepercayaan kepada siswa dan kesempatan pada semua siswa dalam menyampaikan pendapatnya, dan selalu mengingatkan dan memperhatikan tingkah laku siswa dikelas maupun diluar kelas walaupun sudah diberi pengertian berulang kali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Anhar, M.A. dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A.
Keywords: Upaya Guru; Kemandirian Belajar Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 Oct 2024 02:31
Last Modified: 14 Oct 2024 03:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11104

Actions (login required)

View Item View Item