Lubis, Lailan Aziza (2024) Metode as-tsawab (ganjaran) wa al-iqab (hukuman) dalam pendidikan akhlak di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Asahan Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920100219.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalah anak asuh Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Asahan Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan yang menunjukkan akhlak kurang baik, seperti ketahuan membawa handphone, tidak melaksanakan piket, kurang mentaati peraturan yang telah ditetapkan dan juga kurang disiplinnya dalam beribadah. Tetapi ada juga anak yang berprestasi dan antusias dalam mengikuti kegiatan di luar panti. Oleh karena itu perlu diberinya as-tsawab (ganjaran) wa al-iqab (hukuman) bagi anak asuh yang melakukannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode as-tsawab (Ganjaran) dalam Islam di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Asahan Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan? bagaimana metode al-'iqab (Hukuman) dalam Islam di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Asahan Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode as-tsawab (ganjaran) wa al-iqab (hukuman) dalam Islam di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Asahan Penelitian ini dilaksanakan di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Asahan Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan dengan menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Sumber data terdiri dari pengurus panti, pengasuh panti, dan 10 anak asuh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengelolaan dan analisi melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa melalui metode as-tsawab (ganjaran) wa al-iqab (hukuman) dalam pendidikan akhlak di Panti Asuhan ini dapat memberikan rasa senang dan motivasi kepada anak asuh terhadap prestasinya yang mendapatkan penghargaan dan juga dapat memberikan rasa jera untuk tidak mengulangi kesalahannya kembali. Pendidikan akhlak melalui metode as-tsawab (ganjaran) ini berupa (a) pemberian hadiah, pemberian hadiah bisa berupa uang ataupun keperluan sekolah lainnya, (b) pujian yang mendidik, pujian yang mendidik ini bisa berupa kata-kata bagus, baik, bagus sekali, pertahankan terus, jangan pantang menyerah, (c) keluangan menggunakan handphone dan menonton televisi. Sedangkan anak asuh yang melanggar peraturan dapat diberikan al-iqab (hukuman) berupa teguran dan nasehat, hukuman berupa kebersihan, hukuman berupa skorsing hingga diberhentikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Sehat Sultoni Dalimunthe, M.A. dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi. |
Keywords: | Ganjaran; Hukuman; dan Pendidikan Akhlak |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 08:43 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 02:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11087 |
Actions (login required)
View Item |