Ilmi, Nurul (2024) Implementasi kegiatan ekstrakurikuler membaca, menulis, dan berhitung (CaLisTung) siswa Kelas 1 di SD IT Al-Munawwar Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020500001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah implementasi kegiatan ekstrakurikuler membaca, menulis, dan berhitung (CaLisTung) siswa kelas I di SD IT Al–Munawwar Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Namun, belum efektif karena sebagian siswa masih ada yang kurang mahir dalam membaca, menulis, dan berhitung. Melihat permasalahan yang ada maka diperlukan adanya perbaikan yaitu dengan menerapkan kegiatan ekstrakurikuler (CaLisTung) dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana penerapan kegiatan ekstrakurikuler CaLisTung siswa kelas 1 di SD IT Al-Munawwar Panyabungan, 2). Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan kegiatan ekstrakurikuler CaLisTung siswa kelas 1 di SD IT Al-Muunawwar Panyabungan. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui penerapan kegiatan ekstrakurikuler CaLisTung siswa kelas 1 di SD IT Al-Munawwar Panyabungan, untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler CaLisTung siswa kelas 1 di SD IT Al-Munawwar Panyabungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik pengolahan dan analisis data yaitu menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber,reduksi data, deskripsi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler CaLisTung yang dilaksanakan oleh guru pendamping CaLisTung kelompok A dan B berjalan secara optimal. Pembelajaran CaLisTung seperti pada pembelajaran umumnya terdapat kegiatan awal, inti, dan penutup. Komponen pelaksanaan pembelajaran CaLisTung terdiri dari tujuan pembelajaran, materi, metode yang digunakan juga bermacam-macam serta media pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi kebutuhan siswa. Faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler CaLisTung dari unit siswa yakni adanya semangat dan komitmen dalam diri sendiri serta adanya dukungan orang tua. Faktor pendukung dari unit sekolah yaitu adanya guru pendamping dan koordinator ekstrakurikuler CaLisTung yang mempunyai kesadaran moral,berkompeten, dan bertanggung jawab. Faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler CaLisTung yaitu adanya siswa yang hiperaktif sehingga terkadang tidak mampu menyelesaikan soal tepat waktu dan adanya siswa yang membutuhkan CaLisTung tetapi sering tidak masuk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nursyaidah, M.Pd dan Anita Angraini Lubis, M.Hum |
Keywords: | Ekstrakurikuler membaca; Menulis; Berhitung (CaLisTung) |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 10 Oct 2024 01:40 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 01:40 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11086 |
Actions (login required)
View Item |