Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh metode iqra terhadap keterampilan membaca Al–Qur’an di Baitul Qur’an Al Akhyar Palopat Pijorkoling Kota Padangsidimpuan

Hasibuan, Asrul Ependi (2024) Pengaruh metode iqra terhadap keterampilan membaca Al–Qur’an di Baitul Qur’an Al Akhyar Palopat Pijorkoling Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100206.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan membaca Al Qur’an ditandai adanya pada siswa yg membaca Al-Qur’an bacaan hukum nun mati dan mim mati dan panjang pendek hukum bacaan mad, belum lagi mereka juga belum menguasai ilmu tajwid secara mendalam. Metode Iqra salah satu metode pembelajaran Al-Qur’an yang menekankan langsung pada latihan membaca Al-Qur’an siswa yang bersifat individual melalui Cara Belajar Siswa Aktif(CBSA) . Dengan menggunakan metode iqra ini dapat mempengaruhi keterampilan membaca Al-Qur’an siswa.Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan metode iqra terhadap keterampilan membaca Al-Qur’an di Baitul Qur’an Al Akhyar Palopat Pijorkoling Kota Padangsidimpuan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode iqra terhadap keterampilan membaca Al-Qur’an di Baitul Qur’an Al Akhyar Palopat Pijorkoling Kota Padangsidimpuan.Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh kelas di Baitul Qur’an Al Akhyar dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,tes,dan dokumentasi. Sampel kelas tahsin diberi perlakuan yaitu menggunakan metode iqra. Analisis data menggunakan uji t setelah data terpenuhi berdistribusi normal dan tidak homogen hasil penelitian tersebut.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,343 > 2,145 dengan taraf signifikan 5% maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode iqra terhadap keterampilan membaca Al – Qur’an di Baitul Qur’an Al Akhyar Palopat Pijorkoling Kota Padangsidimpuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Fauziah Nasution, M.Ag. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd.
Keywords: Metode Iqra; Keterampilan; Membaca Al–Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Oct 2024 04:30
Last Modified: 09 Oct 2024 09:21
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11084

Actions (login required)

View Item View Item