Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis metode belajar siswa materi salat jenazah pada mata pelajaran fikih di MTs Swasta Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan

Harahap, Yusril Alkarim (2024) Analisis metode belajar siswa materi salat jenazah pada mata pelajaran fikih di MTs Swasta Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100198.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Rumusan penelitian ini adalah bagaimana metode belajar siswa kelas IX A dalam memahami materi salat jenazah di MTs Swasta Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan. Penelitian ini beranjak dari penjelasan guru yang kurang dipahami siswa kelas IX A dalam memahami materi tentang salat jenazah, sehingga metode yang digunakan guru mata pelajaran fikih dalam menjelaskan materi salat jenazah (metode ceramah) masih kurang efektif untuk memahamkan siswa. Baik tentang bacaan, gerakan, maupun tata cara yang berlaku dalam salat jenazah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan Subyek penelitian adalah siswa kelas IX A sebagai data primer, sedangkan data sekunder adalah guru yang berkaitan dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung dan wawancara di kelas. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyusunan data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode belajar yang digunakan siswa kelas IX A dalam mempelajari dan memahami materi salat jenazah adalah metode belajar mandiri dan metode belajar kelompok. Siswa yang menyukai metode belajar mandiri ini memberikan alasan karena dalam belajar mandiri siswa lebih fokus dan tenang mempelajari dan memahami materi salat jenazah. Selain itu, belajar mandiri juga membantu lebih leluasa dan lebih berkreativitas dalam memahami materi tersebut, sehingga dengan demikian akan menambah banyak pengetahuan siswa. Sedangkan siswa yang menyukai metode belajar kelompok berpendapat bahwa belajar kelompok lebih mudah untuk mengeluarkan ide-ide mengenai materi pelajaran, saling bertukar pikiran dan pendapat. Dalam belajar kelompok juga siswa akan lebih mengetahui keabsahan dari materi yang dipahami.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Fauziah Nasution, M.Ag. dan Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd
Keywords: Metode Belajar Siswa; Salat Jenazah; Mata Pelajaran Fikih
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 09 Oct 2024 04:06
Last Modified: 09 Oct 2024 09:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11082

Actions (login required)

View Item View Item