Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran guru dalam membentuk karakter siswa di persiapan MIN 3 Padangsidimpuan

Harahap, Sabrina Ulimadz Rahmadani (2024) Peran guru dalam membentuk karakter siswa di persiapan MIN 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500118.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah peran guru dalam membentuk karakter siswa sesuai dengan observasi peneliti bahwa peran guru sangat penting dalam membetuk karakter siswa. sebagai pendidik sebab dalam pekerjaan ia tidak hanya mengajar seseorang agar tahu beberapa hal, tetapi guru juga melatih beberapa keterampilan dan terutama sikap mental anak didik, sebagai motivator guru harus menciptakan suasana belajar dan ide-ide yang kreatif agar siswa bergairah dan aktif dalam belajar, dengan selalu memotivasi peserta didiknya, peserta didik juga akan semangat dalam melakukan setiap perbuatan baik misalnya sikap disipin, relegius dan jujur. Akan tetapi masih ada beberapa siswa yang kurang berkarakter, seperti masih ada yang terlambat datang ke sekolah, tidak mengerjakan tugas dan mencontek, dari hasil mengamatan saya bahwa siswa laki-laki yang masih kurang berkarakter. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran guru dalam membentuk karakter siswa, Bagaimana karakter disiplin, jujur dan religius pada siswa , dan Apa saja faktor penghambat dalam pembentukan karakter di Persiapan MIN 3 Padangsidimpuan. Adapun tujuan dalam penelitian tersebut adalah untuk Mengetahui peran guru dalam pembentukan karakter siswa, mengetahui karakter siswa dan untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dalam pembentukan karakter siswa di Persiapan MIN 3 Padangsidimpuan. Metodologi yang digunakan peneliti ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan apa adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam membentuk karakter siswa sudah cukup maksiamal akan tetapi masih ada siswa yang belum menanamkan karakter tersebut didalam dirinya yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya lingkungan dan keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd
Keywords: Guru; Karakter; Siswa MI
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 08 Oct 2024 04:21
Last Modified: 08 Oct 2024 04:21
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11068

Actions (login required)

View Item View Item