Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh lifestyle dan financial literacy terhadap perilaku konsumtif dengan religiusitas sebagai variabel moderating

Hasibuan, Mei Shara (2024) Pengaruh lifestyle dan financial literacy terhadap perilaku konsumtif dengan religiusitas sebagai variabel moderating. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040200032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang ada, dimana masyarakat kecamatan Padangsidimpuan Utara khususnya Gen-Z kurang terkontrol dalam membelanjakan uangnya sehingga timbul perilaku konsumtif yang berlebihan. Gaya hidup konsumtif terlihat pada kebiasaan mereka yang selalu berbelanja dengan jumlah yang banyak, harga yang cukup mahal, dan kebiasaan nongkrong untuk memenuhi gaya hidup teman. Faktor gengsi dan ingin berusaha mengikuti trend yang sedang beredar menjadi alasan Gen-Z memiliki perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Structural Equation Model (SEM) dan alternatif Partial Least Square (PLS). Populasi penelitian adalah masyarakat Kota Padangsidimpuan Utara khusunya Gen-Z. Sampel pada penelitian ini sebanyak 98 orang dengan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Lifestyle berpengaruh terhadap perilaku konsumtif Gen-Z di kecamatan Padangsidimpuan Utara (2) Financial Literacy tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif Gen-Z di kecamatan Padangsidimpuan Utara (3) Religiusitas berpengaruh terhadap perilaku konsumtif Gen-Z di kecamatan Padangsidimpuan (4) Religiusitas memoderasi pengaruh lifestyle terhadap perilaku konsumtif Gen-Z di kecamatan Padangsidimpuan Utara. (5) religiusitas tidak memoderasi pengaruh financial literacy terhadap perilaku konsumtif Gen-Z di kecamatan Padangsidimpuan Utara. Maka dari hasil tersebut Variabel lifestyle (X1) dan Financial Literacy (X2) memiliki pengaruh sebanyak 46,8% terhadap perilaku konsumtif Gen-Z di kecamatan Padangsidimpuan Utara. Dan masih ada sebanyak 53,2% faktor-faktor lain diluar variabel yang belum dapat dijelaskan oleh peneliti

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Delima Sari Lubis, M.A dan Damri Batubara, M.A
Keywords: Konsumtif; Lifestyle; Financial literacy
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 08 Oct 2024 02:27
Last Modified: 08 Oct 2024 02:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11059

Actions (login required)

View Item View Item