Lubis, Abdul Ikhsan (2024) Analisis perilaku konsumen terhadap transkasi jual beli barang bekas secara online (studi kasus pada platform perdagangan elektronik Shopee). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1940200280.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pada dasarnya dalam pembelian barang Bekas ini konsumen merasa puas dengan barang yang diterima, dan seperti yang kita ketahui bahwa Jual beli online dilakukan untuk mengurangi biaya, ketika kita ingin memberi produk tertentu, dan mudahnya mendapatkan barang yang diinginkan. Dalam jual beli barang Bekas pada e-commerce shopee ini juga banyak terjadi pemasalahan yang dimana barang yang dibeli oleh konsumen banyak barang yang rusak, barang tidak sampai, barang palsu, dan bahkan barang tidak sesuai dengan konsumen pesan, dalam hal ini juga transaksi jual beli barang Bekas secara online banyak terjadi penipuan terhadap konsumen. Teori yang dipaparkan dalam penelitian ini berkaitan dengan teori analisis, perilaku konsumen, faktor- faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam memutuskan pembelian secara online, pengertian jual beli, rukun dan syarat jual beli, etika dan prinsip jual beli, e-commerce, barang bekas, shopee, teori konsumsi. Menurut para ahli Suherman, jual beli via internet yaitu sebuah akad jual beli yang dilakukan dengan menggunakan serana elektronik (internet baik berupa barang maupun jasa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif sumber data yang digunakan adalah data primer dan data skunder, sedangkan teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penlaku Konsumen Terhadap Transaksi Jual Beli Barang Bekas Secara Online pengetahuan mahasiswa tentang jual beli online ini sudah tidak asing bagi mereka dan para konsumen melakukan transaksi ini secara sadar dan alami yang dimana kepercayaan konsumen dan ketertarikan konsumen untuk berbelanja secara online yang memudahkan konsumen untuk membeli barang, produk, dan jasa, meski banyak konsumen yang mengalami penipuan barang atau produk yang cacat tidak sesuai dengan deskripsi yang telah tertera di dalam aplikasi, terkadang juga pengiriman yang kurang aman sehingga barang, atau produk yang dibeli mengalami kerusakan. Kepuasan dan kepercayaan konsumen setelah melakukan transaksi jual beli barang bekas secara online banyak dan konsumen merasa puas dan percaya untuk berbelanja barang bekas secara online lagi. Dikarenakan dalam perusahan platform shopee menerapkan metode pembayaran COD (Cash On Delivery), Discount sale gratis ongkir setiap bulannya, dan lebih memudahkan para konsumen untuk melakukan transaksi jual beli barang bekas secara online.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. Darwis Harahap, S.H., M.Si dan Muhammad Wandisyah R Hutagalung, M.E |
Keywords: | Perilaku konsumen; Transaksi jual beli; Barang bekas; Shopee |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012701 al-Bai’ (incl. al-Khiyar) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 04:23 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 04:23 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11050 |
Actions (login required)
View Item |