Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas produk, harga, kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Sens Café Padang Matinggi

Gahari, Tati (2024) Pengaruh kualitas produk, harga, kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Sens Café Padang Matinggi. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040200034.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Sens Café Padang Matinggi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada sudut pandang para ahli, dimana kepuasan pelanggan diartikan sebagai perasaan pelanggan setelah membandingkannya dengan harapannya. Kualitas produk dianggap sebagai karakteristik penting untuk memuaskan kebutuhan pelanggan, sedangkan harga mencerminkan nilai barang dalam bentuk uang. Di sisi lain, kualitas layanan mencakup kemampuan layanan untuk memenuhi harapan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan kuesioner yang berisi 35 pernyataan sebagai instrumen pengumpulan data. Sampel penelitian berjumlah 92 responden. Analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung sebesar 3,778 > ttabel 1,66235. Namun harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen karena nilai thitung (0,767) < ttabel (1,66235). Begitu pula kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, karena nilai thitung (-0,658) < ttabel (1,66235). Secara simultan kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai Fhitung (8,890) > Ftabel (1,99). Nilai Adjusted R Square sebesar 20,6% menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan dapat menjelaskan kepuasan pelanggan di Sens Café Padang Matinggi, sedangkan sisanya sebesar 79,4% kemungkinan disebabkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Azwar Hamid, M.A dan Ananda Anugrah Nasution, S.E., M.Si
Keywords: Kualitas produk; Harga; Kualitas pelayanan; Kepuasan pelanggan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150401 Food and Hospitality Services
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 Oct 2024 02:37
Last Modified: 04 Oct 2024 02:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11040

Actions (login required)

View Item View Item