Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh hasil belajar pendidikan Agama Islam terhadap tingkah laku belajar siswa SMP Negeri 6 Sipirok

Piliang, Susanti (2024) Pengaruh hasil belajar pendidikan Agama Islam terhadap tingkah laku belajar siswa SMP Negeri 6 Sipirok. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan buruknya tingkah laku siswa di SMPN 6 Sipirok seperti kenakalan anak SMP seperti bolos sekolah, merokok, dan kurangnya sopan santun kepada guru. Hasil belajar siswa terogolong rendah karena berada di bawah KKM. Hal ini terlihat dari tingkah laku siswa saat pembelajaran, tingkah laku siswa kepada guru dan teman. Saat pembelajaran PAI berlangsung, tidak jarang siswa bersifat pasif dan lebih memilih diam daripada mengungkapkan gagasannya. Siswa cenderung menerima pembahasan yang lebih modern diluar pembahasan pendidikan agama islam. Guru mengungkapkan bahwa sikap seperti di atas sangat mempengaruhi hasil belajar siswa dan muncul lah fenomena dimana hasil belajar siswa dibawah nilai KKM. Tujuan penelitan ini dilaksanakan adalah untuk mengetahui Terdapat Pengaruh Hubungan Positif Yang Signifikan Antara Pengaruh Hubungan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Tingkah Laku Siswa SMP Negeri 6 Sipirok Desa Silangge, Pahae Aek Sagala, Kec. Sipirok, Kab. Tapanuli Selatan Prov. Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. populasi ini adalah siswa SMP Negeri 6 Sipirok dari kelas VIII yang berjumlah 110 siswa. Unntuk menentukan sampel yang akan diambil maka penelti menggunkan Simple Random Sampling yaitu mengambil sampel dengan acak subjek-subjek dalam populasi sebesar 57 siswa. Setelah itu, instrument penelitian data ini adalah angket dan dokumentasi. Pada analisis data terdapat tiga pengujian yaitu menggunkan uji nomalitas, uji homogenitas, uji hipotesis(uji t-test). Hasil peneitian diperoleh dari hasil uji hipotesis (uji-t) yang dibantu dengan perhitungan spss yang mana menunjukkan sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 kemudian hasil nilai thitung adalah thitung > ttabel sebesar 10,945 > 1,659 dengan demikian sesuai cara pengambilan keputusan dari uji independen sample T-test, bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, maka kesimpulannya adalah Terdapat Pengaruh Hubungan Positif Yang Signifikan Antara Pengaruh Hubungan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Tingkah Laku Siswa SMP Negeri 6 Sipirok Desa Silangge, Pahae Aek Sagala, Kec. Sipirok, Kab. Tapanuli Selatan Prov. Sumatera Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd
Keywords: Hasil Belajar PAI; Tingkah Laku Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Oct 2024 08:14
Last Modified: 03 Oct 2024 08:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11037

Actions (login required)

View Item View Item