Nasution, Nur Hafni Fauziah (2024) Analisis eksistensi pedagang pasar tradisional ditengah maraknya minimarket di Panyabungan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1940200266.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Perkembangan pasar di Indonesia semakin luas seiring dengan perkembangan ekonomi. Menurut klasifikasi, saat ini pasar dapat dibedakan menjadi dua yaitu, pasar modern (minimarket) dan pasar tradisional. Akan tetapi, perkembangan minimarket meningkat lebih pesat dibandingkan perkembangan pasar tradisional. Pembangunan minimarket yang berkembang pesat dirasakan oleh banyak pihak berdampak terhadap eksistensi pasar tradisional dan para pelaku usaha sejenis di sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi pedagang pasar tradisional di tengah maraknya minimarket di Panyabungan. Adapun jenis penelitian ini menggunakan Field Research (Penelitian Lapangan) dan bersifat Deskriptif Kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sumber data primer. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan mengumpulkan data melalui wawancara dan dokumentasi. Kemudian menggunakan analisis SWOT dengan uji IFAS dan EFAS. Wawancara dilakukan kepada 20 pedagang pasar tradisional, 25 konsumen dan 2 kasir minimarket. Sedangkan dokumentasi dilakukan di Pasar Baru Panyabungan. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan di pasar tradisional ini dapat disimpulkan bahwa dilihat dari kekuatan produk yang ditawarkan jenis-jenis produk beragam yang mereka jual.hal ini dilihat dari pembobotan IFAS dengan skor 0,56. Apabila dinilai dari segi kelemahan Tata kelola kebersihan dan keamanan pasar tradisional. Hal ini dikarenakan produk yang beragam akan memunculkan keterbatasan modal usaha. Dapat dilihat dari segi peluangnya Pasar Baru memiliki lokasi yang terjangkau. Meskipun terdapat peluang tetap terdapat pula ancaman semakin Tingginya daya saing antar pedagang pasar dan pasar modern. Oleh karena itu pedagang pasar tradisional menerepkan prinsip yaitu fokus pada pelanggan, pencapaian kualitas, integritas dan tanggung jawab, inovasi dan kreativitas dan biaya produksi rendah untuk terus maju dan tetap eksis di tengah maraknya minimarket.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si dan Ferri Alfadri, S.E.I., M.E |
Keywords: | Analisis SWOT; Eksistensi; Pedagang pasar tradisional; Minimarket |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 04:36 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 04:36 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11033 |
Actions (login required)
View Item |