Ramadhayanti, Yuli (2024) Implementasi nilai-nilai akhlak pada siswa melalui kegiatan didikan subuh di MDTA Al-Hikmah Palopat Pijorkoling Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020100059.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih ada beberapa anak yang memiliki akhlak tidak terpuji di MDTA Al-hikmah Palopat Pijorkoling Padangsidimpuan Tenggara. Maka dengan adanya fenomena tersebut dibentuklah suatu program kegiatan didikan Subuh sebagai suatu usaha pendidikan Islam bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa baik secara praktis maupun fungsional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses Implementasi nilai-nilai akhlak pada siswa melalui kegiatan didikan Subuh di MDTA Al-hikmah Palopat Pijorkoling Padangsidimpuan Tenggara. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan menghasilkan data deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan fenomena tentang implementasi nilai-nilai akhlak pada siswa melalui kegiatan didikan Subuh di MDTA Al-hikmah Palopat Pijorkoling Padangsidimpuan Tenggara. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu guru dan siswa di MDTA Al-hikmah Palopat Pijorkoling Padangsidimpuan Tenggara sebanyak 22 orang, sedangkan data sekundernya adalah Kepala Yayasan, Kepala Madrasah, buku-buku, dokumen madrasah dan jurnal tentang Didikan Subuh. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, deskripsi data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah Pelaksanaan didikan Subuh yang di adakan di MDTA Al-Hikmah Palopat Pijorkoling Padangsidimpuan Tenggara dilaksanakan dengan latihan sebelum satu hari pelaksanaan acara didikan Subuh. Ada tiga tahapan dalam melaksanakan didikan Subuh yaitu tahap pendahuluan, tahap inti, dan tahap penutup. Implementasi nilai-nilai akhlak melalui didikan Subuh ini ada dua nilai akhlak yaitu menerapkan akhlak mahmudah (akhlak terpuji) dalam kehidupan sehari-hari dan mempelajari kemudian menghindari akhlak madzmunah (akhlak tercela) dalam kehidupan sehari-hari. Dan terdapat dua kendala dalam pelaksanaan didikan Subuh di MDTA Al-Hikmah Palopat Pijorkoling Padangsidimpuan Tenggara yaitu kendala kedisiplinan waktu dan kendala lokasi pelaksanaan shalat Subuh berjama’ah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Fauziah Nasution, M.Ag dan Nursri Hayati, M.A |
Keywords: | Implementasi; Nilai-nilai akhlak; Didikan Subuh |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 04:24 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 04:24 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11032 |
Actions (login required)
View Item |