Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian masyarakat pada marketplace menurut perspektif ekonomi Islam

Nurelisma, Nurelisma (2024) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian masyarakat pada marketplace menurut perspektif ekonomi Islam. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200219.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku masyarakat di Kelurahan Aek Pining Kecamatan Batang Toru dalam kebiasaannya berbelanja online di marketplace, dengan dipengaruhi oleh berbagai faktor yang pada akhirnya dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian masyarakat pada marketplace dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap keputusan pembelian masyarakat secara online di marketplace. Adapun pembahasan penelitian ini berkaitan dengan teori-teori yang berkaitan dengan harga, kualitas produk, keamanan dan keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Variabel indepeden dalam penelitian ini adalah harga, kualitas produk dan keamanan. Variabel dependennya adalah keputusan pembelian. Sampel penelitian berjumlah 100 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu perposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu koesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan perhitungan statistik dengan bantuan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menujukkan bahwa secara persial, variabel harga berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian, kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dan keamanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Sementara secara simultan, variabel harga, variabel kualitas produk dan variabel keamanan berpegaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan tinjauan ekonomi syariah penetapan harga sudah sesuai dengan konsep harga dalam islam yakni menawarkan harga produk lebih terjangkau dan terdapat kesesuaian harga dengan manfaat produk. Pada variabel kualitas produk barang yang berkualitas dalam islam yaitu bernilai, baik, dan kualitasnya terpercaya karena produk yang berkualitas tidak hanya menghasilkan keuntungan saja namun juga memberikan kemaslahatan dan kemudharatan nya. Pada variabel keamanan responden kebanyakan setuju dari segi transaksi dan keamanan data pribadi konsumen. Islam memandang privasi sebagai hal yang harus di hargai karena terkait dengan kerahasiaan seseorang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa, S.T., M.M dan Ferri Alfadri, S.E.I., M.E
Keywords: Harga; Kualitas produk; Keamanan; Keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Oct 2024 03:05
Last Modified: 03 Oct 2024 03:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11028

Actions (login required)

View Item View Item