Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbandingan prestasi akademik siswa full day school dan boarding school Kelas VIII pada mata pelajaran fikih Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Modern Baharuddin Kabupaten Tapanuli Selatan

Siregar, Roslina (2024) Perbandingan prestasi akademik siswa full day school dan boarding school Kelas VIII pada mata pelajaran fikih Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Modern Baharuddin Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920100042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu, apakah ada perbedaan prestasi akademik siswa full day school dan boarding school kelas VIII pada mata pelajaran Fikih Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Modern Baharuddin Kabupaten Tapanuli Selatan? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil prestasi akademik siswa full day school dan boarding school kelas VIII pada mata pelajaran Fikih Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Modern Baharuddin ditinjau dari ranah kognitif siswanya. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara full day school dan boarding school terhadap prestasi akademik kelas VIII mata pelajaran fikih di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Modern Baharuddin Kabupaten Tapanuli Selatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil out put SPSS. 26 uji t (independent t -test) bahwa nilai signifikansi > 0.05 menunjukkan tidak terdapat perbedaan rata-rata antar subjek penelitian yaitu 0.994>0.05, juga hasil rata-rata data statistik full day school dan boarding school adalah 83.40. Tidak adanya perbedaan prestasi akademik antara siswa yang mengambil program full day school dan boarding school dikarenakan kedua program ini mendapatkan perlakuan yang sama saat proses pembelajaran dikelas. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan prestasi akademik yang signifikan antara siswa full day school dan boarding school pada kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Modern Baharuddin Semester ganjil 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd
Keywords: Perbandingan; Prestasi Akademik; Program Full day School; Program; Boarding School
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Oct 2024 02:49
Last Modified: 03 Oct 2024 08:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11027

Actions (login required)

View Item View Item