Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkakan hasil belajar dalam pembelajaran tematik Kelas V di MIN 2 Kota Padangsidimpuan

Batubara, Juliani (2024) Penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkakan hasil belajar dalam pembelajaran tematik Kelas V di MIN 2 Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500068.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Tematik siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Padangsidimpuan. Hal ini dilihat dari hasil rata-rata nilai ulangan siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) ini belum pernah digunakan dalam pembelajaran Tematik di kelas V. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas V MIN 2 Kota Padangsidimpuan. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di kelas V di MIN 2 Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas V MIN 2 Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 2 Kota Padangsidimpuan tepatnya di kelas V-A dengan jumlah siswa 33 orang. Adapun instrumen pengumpulan data berupa soal tes dan lembar observasi. Penelitian ini dilakukan dengan II siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa mulai dari pra siklus dengan nilai rata-rata 50,6 dan persentase ketuntasan 24,2%. Kemudian pada siklus I pertemuan 1 diperoleh nilai rata- rata kelas 61,6 dan persentase ketuntasan sebesar 39,3%. Pada siklus I pertemuan 2 nilai rata-rata kelas 75,4 dan persentase ketuntasan 54,5%. Kemudian pada siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata kelas adalah 80,1 dan persentase ketuntasan menjadi 69,6%. Dan pada siklus II pertemuan 2 rata-rata kelas mencapai 81,2 dengan persentase ketuntasan 87,8%. Dengan demikian, penelitian ini dihentikan pada siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan yang telah peneliti targetkan. Dengan demikian hipotesis yang dibuat peneliti terbukti bahwa terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada tema ekosistem di kelas V-A MIN 2 Kota Padangsdimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd dan Asriana Harahap, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; Model pembelajaran CIRC; Pembelajaran tematik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 03 Oct 2024 02:37
Last Modified: 03 Oct 2024 02:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11024

Actions (login required)

View Item View Item