Ramadhan, Fajar (2024) Penerapan media pembelajaran komik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MIN 3 Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1920500198.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran bahasa Indonesia. Salah satu penyebab rendahnya motivasi belajar siswa adalah siswa yang kurang aktif pada saat pembelajaran berlangsung. Hal ini dikarenakan guru sangat jarang menggunakan media pembelajaran, dalam hal ini menyebabkan siswa cendrung jenuh dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatif dalam mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan media pembelajaran komik. Media ini akan membuat siswa tertarik untuk lebih aktif dan termotivasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan media pembelajaran komik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas V madrasah ibtidaiyyah hukumiyah 3 Labuhanbatu? (2) Apakah penerapan media pembelajaran komik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran bahasa indonesia kelas V madrasah ibtidaiyyah hukumiyah 3 Labuhanbatu?. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaborasi dengan wali kelas VB. Penelitian ini diterapkan pada siswa kelas VB madrasah ibtidaiyyah hukumiyah 3 Labuhanbatu yang berjumlah 27 orang dan terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan angket. Analisis data yaitu menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus 2 pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dengan menerapkan media pembelajaran komik pada pembelajaran bahasa Indonesia di madrasah ibtidaiyyah hukumiyah 3 Labuhanbatu. Berdasarkan angket motivasi belajar pada prasiklus, nilai rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 60% dan mengalami peningkatan pada siklus I, yaitu 72%. Peningkatan yang terjadi sebesar 12%. Pada siklus II, skor rata-rata motivasi belajar siswa adalah 82%, peningkatan yang terjadi sebesar 10%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd dan Anita Angraini Lubis, M.Hum |
Keywords: | Media pembelajaran komik; Motivasi belajar siswa; Pembelajaran Bahasa Indonesia |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 02:31 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 02:31 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11022 |
Actions (login required)
View Item |