Pane, Zulpandi (2023) Aplikasi seni tilawah dalam pembelajaran al-Qur’an pada Baitul Qur’an Al-Akhyar Pal-IV Pijorkoling Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1910500018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan aplikasi seni tilawah dalam pembelajaran al-Qur’an pada Baitul Qur’an Al-Akhyar Pal-IV Pijorkoling Padangsidimpuan Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan seni tilawah dalam pembelajaran al-Qur’an dan untuk mengetahui bagaimana murid Baitul Qur’an Al-Akhyar menerapkan seni tilawah dalam pembelajaran al-Qur’an. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif, informan dalam penelitian ini adalah Pimpinan dan Guru-guru yang ada di Baitul Qur’an Al-Akhyar, dan juga murid yang menjadi subyek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan tentang tradisi Aplikasi Seni Tilawah dalam Pembelajaran al-Qur’an yang ada di Baitul Qur’an Al-Akhyar Pal-IV Pijorkoling Padangsidimpuan Tenggara Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: Penerapan pembelajaran al-Qur’an dengan menggunakan seni tilawah di Baitul Qur’an Al-Akhyar telah berjalan dengan baik sesuai dengan pedoman pembelajaran Seni Tilawah. Hasil pembelajaran mengutamakan pada peningkatan kemampuan murid dalam membaca al-Qur’an. Dengan tahapan yaitu target pembelajaran, proses pembelajaran, materi, dan evaluasi pembelajaran. Hasil dari pembelajaran al-Qur’an dengan Seni Tilawah di Baitul Qur’an Al-Akhyar dapat disimpulkan bahwa penerapan seni tilawah ini dapat meningkatkan minat dan kemampuan membaca al-Qur’an para murid, hal tersebut tampak dari hasil penilaian atau munaqosyah yang telah dilaksanakan. Selain itu pembelajaran dengan seni tilawah ini juga berdampak pada meningkatnya kepercayaan diri para murid. Faktor pendukung dalam keberhasilan penerapan seni tilawah di Baitul Qur’an Al-Akhyar diantarannya adalah sarana dan prasarana yang memadai, jalinan komunikasi yang baik antara lembaga dan orang tua, kerjasama yang baik antar guru, input siswa yang sudah memiliki latar belakang baca tulis al-Qur’an. Sedangkan faktor penghambat diantaranya adalah cuaca, perekrutan guru tilawati, kemampuan anak yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmatnijar, M.Ag dan Desri Ari Enghariano, M.A |
Keywords: | Seni Tilawah; Pembelajaran; Baitul Qur’an Al-Akhyar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 15:22 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 02:54 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11010 |
Actions (login required)
View Item |