Nasution, Ahmad Husein (2024) Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan di UD. Bolu Salak Kenanga Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1840200242.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
UD. Bolu Salak Kenanga Padangsidimpuan juga merupakan salah pusat oleh–oleh yang berada di Jl. Kenanga Nomor 44 Padangsidimpuan, pusat oleh–oleh UD. Bolu Salak Kenanga ini berdiri pada tahun 2017 tepatnya pada tanggal 3 Desember dan grand openingnya pada tanggal 14 Desember. Bolu Salak Kenanga juga menjual berbagai macam makanan selain kue bolu yang bebahan dasar salak mereka juga menjual kopi salak, ice cream salak, dodol salak, agar–agar salak, sirup salak, dan selain makanan mereka juga menjual oleh–oleh berupa kerajinan Angkola, Kampung Kaos Madina, dan Ulos. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan pengembangan usaha, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan analisis SWOT yaitu strenghts, weaknesses, opportunities, threats danteotitentang pengembanganusaha. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah manajer dan karyawan Bolu Salak Kenanga, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti dapat diketahui yaitu dengan total nilai skor dari hasil matriks IFE yaitu 2,25, sedangkan total nilai skor yang diperoleh dari matriks EFE yaitu 3,39. Berdasarkan hasil pencocokan matriks IFE dan EFE dapat dilihat bahwa Bolu Salak Kenanga Padangsidimpuan memiliki posisi yang berpeluang dan memiliki kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Selanjutnya terdapat empat strategi yang dapat diterapkan dari hasil matriks SWOT yaitu strategi SO dengan mempertahankan dan meningkatkan sistem pemasaran dan menjaga kualitas produk. Strategi WO yaitu meningkatkan produksi pemasaran Bolu Salak dan menjaga kualitas produk. Strategi ST yaitu mempertahankan kualitas produk dan menjalin kerja sama dengan lebih dari satu pemasok buah salak, meningkatkan proses pemasaran. Strategi WT yaitu meningkatkan kemampuan manajemen perusahaan untuk menambah daya saing dan mempertahankan kualitas buah salak yang diproduksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa, S.T., M.M. dan Ferri Alfadri, S.E.I., M.E |
Keywords: | Kekuatan; Kelemahan; Peluang, Ancaman |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150401 Food and Hospitality Services 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 04:19 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 08:15 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10992 |
Actions (login required)
View Item |