Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis minat masyarakat dalam pembelian produk halal di Toko Halal Mart Kelurahan Sadabuan Kota Padangsidimpuan

Nasution, Ivan Lazuardy (2024) Analisis minat masyarakat dalam pembelian produk halal di Toko Halal Mart Kelurahan Sadabuan Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1840200279.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya minat beli masyarakat dalam pembelian produk halal yang ada di Toko Halal Mart Kelurahan Sadabuan Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat masyarakat dalam pembelian produk halal di Toko Halal Mart Kelurahan Sadabuan Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif di lapangan di Kelurahan Sadabuan Kota Padangsidimpuan, dengan mengambil sampel jenuh yaitu pemilik Toko Halal Mart dan masyarakat Kelurahan Sadabuan Kota Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan kurangnya minat masyarakat dalam melakukan pembelian produk halal di Toko Halal Mart disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu dari segi kualitas, masyarakat masih kurang mengetahui manfaat dan kelebihan produk halal yang ada di Toko Halal Mart. Dari segi brand / merek, masyarakat Kelurahan Sadabuan belum seluruhnya mengetahui / mengenali produk halal yang ada di Toko Halal Mart Kelurahan Sadabuan. Dari segi kemasan, masyarakat Kelurahan sadabuan belum seluruhnya mengetahui kualitas kemasan dari produk halal yang ada di Toko Halal Mart. Dari segi harga, harga yang di tawarkan Toko Halal Mart terlalu tinggi untuk masyarakat yang memiliki pendapatan rendah sehingga belum dapat dijangkau oleh masyarakat secara menyeluruh. Dari segi ketersediaan barang, produk-produk halal yang dijual di Toko Halal Mart masih kurang tersedia karena proses stok barang di toko memakan waktu yang lama. Dari segi promosi, kurangnya promosi produk halal yang dilakukan oleh Toko Halal Mart terhadap masyarakat. Sehingga secara keseluruhan menyebabkan kurangnya minat masyarakat terhadap pembelian produk halal di Toko Halal Mart Kelurahan Sadabuan Kota Padangsidimpuan. Kendala masyarakat dalam melakukan pembelian produk halal di Toko Halal Mart adalah harga produk yang terlalu tinggi, jenis-jenis produk yang terbatas, rendahnya pendapatan masyarakat, serta stok produk halal yang terbatas di Toko Halal Mart Kelurahan Sadabuan Kota Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Abdul Nasser Hasibuan, M.Si., dan Nur Mutiah, M.Si
Keywords: Minat Beli; Masyarakat; Produk Halal
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012701 al-Bai’ (incl. al-Khiyar)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 30 Sep 2024 03:54
Last Modified: 30 Sep 2024 08:00
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10990

Actions (login required)

View Item View Item