Tanjung, Nadirah Chairunnisah (2010) Pengaruh model pembelajaran index card match dengan metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan perkalian di kelas II SD Negeri 081239 Sibolga. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
123300022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan hasil belajar matematika yang dicapai siswa kelas II SD Negeri 081239 Sibolga, berdasarkan data awal masih rendah. Saat proses pembelajaran khususnya materi perkalian diajarkan dengan cara menghafal ataupun menggunakan penjumlahan berulang. Pembelajaran dengan metode hafalan hanya akan membebani memori otak anak, karena daya ingat anak terbatas, sementara dengan metode penjumlahan berulang membutuhkan waktu lama dan kemungkinan akan terjadi kesalahan penjumlahan. Kemudian untuk proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah saat mengajarkan materi perkalian dan hal ini menyebabkan siswa jenuh saat mengikuti kegiatan pembelajaran. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran index card match dengan metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan perkalian di kelas II SD Negeri 081239 Sibolga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis randomized control group pretest posttest design.Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas II SD Negeri 081239 Sibolga yang terdiri dari tiga kelas sebanyak 83 orang siswa. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling dan diperoleh dua kelas yaitu kelas IIb sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang siswa dan kelas IIc sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang siswa, jadi banyak sampel penelitian adalah 53 orang siswa. Kemudian intrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes yang diberikan sebanyak dua kali, yaitu sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan. Setelah data normal dan homogen, dilakukan pengolahan data dan analisis data dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,56048 > ttabel = 2,00578. Maka dapat diambil kesimpulan Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran index card match dengan metode jarimatika terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan perkalian di kelas II SD Negeri 081239 Sibolga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Nasruddin Hasibuan, M.Pd dan Mariam Nasution, M.Pd |
Keywords: | Index Card Match; Jarimatika; Hasil Belajar Matematika |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010107 Mathematical Logic, Set Theory, Lattices and Universal Algebra |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Muhammad Ihsan Ritonga |
Date Deposited: | 30 Apr 2020 04:08 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 14:57 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1099 |
Actions (login required)
View Item |