Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perlindungan hukum konsumen atas ketidaksesuaian barang dalam belanja online di Shopee (studi kasus Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)

Habibullah, Imam (2024) Perlindungan hukum konsumen atas ketidaksesuaian barang dalam belanja online di Shopee (studi kasus Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1910200006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Bisnis Online adalah segala kegiatan bisnis atau urusan/kepentingan yang menggunakan fasilitas internet untuk mencapai tujuan (keuntungan atau profit). Perlindungan konsumen pada saat ini tidak dapat dipisahkan dari kegiatan jual beli. Dalam kegiatan perdagangan diharapkan menimbulkan keseimbangan hak dan kewajiban antara pelaku usaha dan konsumen. Di Indonesia saat ini perlindungan konsumen mendapat perhatian yang cukup baik karena menyangkut aturan untuk menciptakan kesejahteraan. Dengan adanya keseimbangan antara pelaku usaha dan konsumen dapat menciptakan rakyat yang sejahtera dan makmur. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana perlindungan hukum konsumen atas ketidaksesuaian barang dalam belanja online di Shopee dan bagaimana penyelesaian sengketa bagi konsumen atas ketidaksesuaian barang. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini termasuk field research atau penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dengan mahasiswa fakultas Syariah dan ilmu hukum. Hasil wawancara bersama konsumen yang sering belanja online di Shopee memberikan penjelasan bahwa Perlindungan hukum konsumen atas barang yang tidak sesuai dengan iklan barang oleh penjual dapat laporkan kepada pihak yang berwajib. Penyelesaian sengketa bagi konsumen atas tidak kesesuaian barang yaitu pihak ketiga (Shopee) akan menahan pembayaran kepada penjual dalam jangka waktu yang telah ditentukan, jika penjual tidak merespon maka uang akan dikembalikan kepada konsumen yang akan dikirimkan melalui Shopee pay atau rekening pribadi milik konsumen. Undang undang telah menjamin perlindungan hukum konsumen atas ketidaksesuaian barang ketika belanja online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Zul Anwar Ajim Harahap, M.A dan Dr. Hj. Nur Sania Dasopang, S.H.I., M.S.I
Keywords: Perlindungan Hukum; E-Commerce; Konsumen
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180105 Commercial and Contract Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 30 Sep 2024 01:55
Last Modified: 30 Sep 2024 03:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10979

Actions (login required)

View Item View Item