Nasution, Wahyuni (2024) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran talking stick berbantu media gambar dalam pembelajaran IPA di Kelas V UPTD SD Negeri 01 Kotapinang Labuhan Batu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020500027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA disebabkan karena kurangnya model pembelajaran yang bervariasi, siswa tidak mempunyai keberanian untuk bertanya apa yang tidak diketahuinya sehingga perlu digunakan perubahan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick sehingga siswa lebih berani untuk bertanya apa yang tidak diketahuinya dan belajar siswa diharapkan meningkat. Penelitian ini dilakukan di kelas V UPTD. SD Negeri 01 Kotapinang Labuhan Batu Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan model pembelajaran talking stick berbantu media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V UPTD SD Negeri 01 Kotapinang? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V UPTD SD Negeri 01 Kotapinang dengan menggunakan model talking stick berbantu media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian tindakan kelas dengan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk menjabarkan peningkatan hasil belajar IPA siswa. Sedangkan metode penelitian kuantitatif digunakan untuk mengukur nilai hasil belajar siswa dengan data kuantitatif atau perhitungan yang berjumlah 20 siswa dan terdiri dari 12 perempuan dan 8 laki-laki pada kelas V di UPTD SD Negeri 01 Kotapinang. Berdasarkan analisis data, Pada pra siklus jumlah siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa dengan persentase 30% dan nilai rata-rata kelas 61,65. Pada siklus I pertemuan I hasil belajar siswa meningkat yaitu nilai rata-rata siswa menjadi 69,15 yaitu 8 siswa tuntas dengan persentase 40 %. Kemudian pada pertemuan II peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 74,10 yaitu 11 siswa memiliki nilai tuntas dengan persentase 55%. Pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata siswa menjadi 78,7 yaitu 15 siswa memperoleh nilai tuntas dengan persentase 75%. Pada siklus II pertemuan II nilai rata-rata siswa 86, 8 yaitu 19 siswa memperoleh nilai tuntas dengan persentase 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunakan model talking stick berbantu media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA materi hubungan makhluk hidup dengan lingkungan di kelas V UPTD SD Negeri01 Kotapinang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Syafrilianto, M.Pd dan Asriana Harahap, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar; Model talking stick |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 03:25 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 03:25 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10977 |
Actions (login required)
View Item |