Nasution, Fuad Ardhi (2024) Pengaruh employer atracctiveness dan penggunaan sosial media terhadap minat melamar pekerjaan pada mahasiswa. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1740200319.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi persaingan perusaahaan satu sama lain dalam mencapai keuntungan yang kompotitif untuk dapat bertahan dalam persaingan global yang kini semakin ketat. Tentunya dalam persaingan tersebut, sumber daya masusia memiliki peran yang sangat penting dalam keunggulan kompotitif perusahaan. Maka, untuk mendapatkan tenaga kerja yang kompoten, perusahaan harus mengetahui apasaja yang mempengaruhi adanya minat melamar di perusahaan tersebut. Menurut data Badan Pusat Statistik jumlah angkatan kerja di Indonesia pada Agustus 2023 mencapai 147,71 juta orang. Sementara jumlah penduduk usia kerja 15 tahun ke atas yang telah bekerja pada Agustus 2023 sebesar 139, 85 juta orang. Menurut hasil survei Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia (APJII) Tahun 2023 mencatat bahwa jumlah penggunaan internet mencapai 215,63 juta orang dari 278,7 total populasi penduduk Indonesia. Hal ini, menandakan bahwa masyarakat Indonesia memiliki konsumsi internet yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh employer attractiveness dan penggunaan sosial media terhadap minat melamar pekerjaan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda, sumber data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam angkatan 2017 yaitu sebanyak 320 orang. Teknik Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Slovin dengan jumlah data sebanyak 76 responden. Uji yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu uji reabilitas, uji validitas, statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Untuk mempermudah proses analisis data penelitian dibantu dengan program SPSS versi 23. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (uji t) employer attractiveness, dan penggunaan sosial media berpengaruh terhadap minat melamar pekerjaan dan secara simultan (uji F) employer attractiveness, dan penggunaan sosial media berpengaruh terhadap minat melamar pekerjaan. dan kontribusi employer attractiveness, dan penggunaan sosial media berpengaruh terhadap minat melamar pekerjaan 53,1 persen dan sisanya 46,9 persen di pengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Delima Sari Lubis, M.A dan H. Ali Hardana, M.Si |
Keywords: | Employer Attractiveness; Sosial Media; Minat |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 13:16 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 02:42 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10976 |
Actions (login required)
View Item |