Siregar, Risna Sri Rahayu (2024) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 200223 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020500163.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 200223 Padangsidimpuan. Hal ini dilihat dari hasil rata-rata nilai ulangan siswa yang belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh minimnya ketertarikan siswa dalam belajar sehingga hasil belajar siswa banyak yang belum mencapai KKTP. Selain itu, model yang digunakan juga masih kurang menarik dan bervariasi sehingga mengakibatkan siswa mudah bosan saat pembelajaran berlangsung karena gaya belajar yang cenderung monoton, serta siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas V SD Negeri 200223 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang kolaborasi dengan guru wali kelas V SD Negeri 200223 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200223 Padangsidimpuan, dengan subjek penelitian kelas V yang berjumlah 15 orang. Adapun instrument pengumpulan data yang digunakan berupa butir tes soal dan lembar observasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan II siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Hasil penelitian dengan menerapkan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa di kelas V SD Negeri 200223 Padangsidimpuan. Hal ini dilihat dari hasil belajar siswa mulai dari pra siklus dengan nilai rata-rata siswa 51 dan persentase ketuntasan 26,66%. Pada siklus I pertemuan I nilai rata-rata siswa mencapai 58 dengan persentase ketuntasan 33,33%. Sedangkan pada siklus I pertemuan II diperoleh nilai rata-rata siswa 60 dengan persentase ketuntasan sebesar 46,66%. Kemudian pada siklus II pertemuan I diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 67,33 dengan persentase ketuntasan 60%. Dan pada siklus II pertemuan II diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 79,33 dengan persentase ketuntasan mencapai 86,66%. Dengan demikian, hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan dengan menerapkan model Problem Based Learning. Dan penelitian ini dihentikan pada siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan yang telah peneliti targetkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Syafrilianto, M.Pd dan Asriana Harahap, M.Pd |
Keywords: | Model problem based learning; Hasil belajar; Pembelajaran IPA |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 08:26 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 08:26 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10974 |
Actions (login required)
View Item |