Sibarani, Latipa Warda (2024) Penerapan model role playing untuk meningkakan hasil belajar IPA di Kelas V SD Negeri 200223 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
2020500170.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan belum optimal dan siswa kurang tertarik dengan proses pembelajaran. Maka, perlu adanya perubahan pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan menggunakan model pembelajaran role playing (bermain peran) dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 200223 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model role playing akan dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pada tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi di SDN 200223 Padangsidimpuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 200223 Padangsidimpuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajan role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata dan ketuntasan hasil belajar siswa, yaitu pada prasiklus rata-rata 47% dan ketuntasan sebesar 20% (3 dari 15 siswa). Pada siklus I pertemuan I menjadi skor rata-rata siswa 50% dan ketuntasan sebesar 27% (4 dari 15 siswa). Pada siklus I pertemuan II rata-rata nilai siswa 68% dan ketuntasan siswa 47% (7 dari 15 siswa). Pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata siswa 77% dan ketuntasan siswa 73% (11 dari 15 siswa). Sedangkan siklus II pertemuan II rata-rata nilai siswa 88% dan ketuntasan siswa 80% (12 dari 15 siswa). Dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SDN 200223 Padangsidimpuan. Untuk penelitian selanjutnya peneliti berharap agar proses pembelajaran lebih di tingkatkan agar tercapainya tujuan pembelajaran, serta waktunya diperpanjang dalam penerapan model pembelajaran role playing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M.Pd dan Nur Azizah Putri Hasibuan, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar; Model pembelajaran role playing; Ilmu Pengetahuan Alam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 02:27 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 02:27 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10973 |
Actions (login required)
View Item |