Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran usaha Kue Talam Siti dalam menarik minat beli masyarakat Padangsidimpuan

Lubis, Pitri Yulia Rosi (2024) Strategi pemasaran usaha Kue Talam Siti dalam menarik minat beli masyarakat Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1940200239.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Kue Talam Siti adalah salah satu usaha kue tradisional khas Betawi, Usaha ini mendapat perhatian masyarakat di Kota Padangsidimpuan. Volume Penjualan Usaha Kue Talam Siti ini mengalami naik turun dari tahun ke tahun, sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui lebih mendalam tentang bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh pemilik Usaha Kue Talam Siti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh pemilik Usaha Kue Talam Siti dalam menarik minat konsumen dan mengetahui bagaimana proses pemasaran di Usaha Kue Talam Siti. Jenis penelitian ini adalah kualitatif serta menggunakan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis TOWS. Teknik penjamin keabsahan data dalam penelitian ini adalah perpanjangan keiukutsertaan, dan ketekunan pengamatan selama penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan keakuratan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha kuetalam Siti memperoleh nilai skor EFAS 3,74 menunjukkan bahwa usaha merespon peluang yang ada dengan cara menghindari ancaman-ancaman yang ada pada usaha kue talam Siti, sedangkan pada nilai skor IFAS 3,38 yang menunjukkan bahwa posisi internal usaha ini cukup kuat. Selanjutnya terdapat empat strategi yang dapat diterapkan dari hasil matriks TOWS yaitu strategi SO dengan mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk agar konsumen tertarik untuk membeli produk, dan meningkatkan kinerja karyawan. Strategi WO yaitu meningkatkan sarana dan prasarana yang mendukung keberlangsungan usaha dan mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk seperti menambah varian rasa pada produk. Strategi ST yaitu meningkatkan kualitas produk dan mempertahankan serta meningkatkan strategi pemasaran. Strategi WT yaitu meningkatkan mutu kinerja karyawan, menemukan ide baru untuk meningkatkan pemasaran produk dan kenyamanan konsumen serta memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk usaha kue talam Siti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, M.M dan Damri Batubara, M.A
Keywords: Minat; Strategi; Pemasaran
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150401 Food and Hospitality Services
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Sep 2024 02:20
Last Modified: 27 Sep 2024 02:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/10972

Actions (login required)

View Item View Item